Kepala Sekolah beserta jajaran UPF Puskesmas Kelurahan Bhaktijaya bersama siswa yang terpilih sebagai Dokter Kecil (Dokcil), di SDN Mekarjaya 31, Jalan Progo, Kelurahan Baktijaya, Sukmajaya, Kota Depok, Rabu (18/9). FOTO : SANI/RADAR DEPOK
Kepala Sekolah beserta jajaran UPF Puskesmas Kelurahan Bhaktijaya bersama siswa yang terpilih sebagai Dokter Kecil (Dokcil), di SDN Mekarjaya 31, Jalan Progo, Kelurahan Baktijaya, Sukmajaya, Kota Depok, Rabu (18/9). FOTO : SANI/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sebagai upaya mengimplementasikan Program Usaha Kesehatan Siswa (UKS), SDN Mekarjaya 31 melantik 50 siswa menjadi Dokter Kecil (Dokcil), di sekolah yang berlokasi di Jalan Progo, Kelurahan Baktijaya, Sukmajaya, Kota Depok, Rabu (18/9). Puluhan peserta didik ini, akan berperan menjadi penggerak dalam menciptakan kesehatan dan kebersihan lingkungan sekolah.

Kepala SDN Mekarjaya 31, Beti Nurbaeti mengatakan, ke-50 Dokcil ini merupakan siswa terpilih dari kelas III sampai VI. Mereka resmi menjadi duta kesehatan sekolah yang akan bertugas setiap hari secara bergilir menjalankan program kesehatan dan lingkungan sekolah.

“Seperti selalu melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), baik di sekolah dan pribadi mereka utamanya. Lalu saat apel Senin akan dilibatkan untuk membantu teman-temannya yang sakit,” kata Beti kepada Radar Depok.

Terdapat banyak manfaat yang diterima oleh peserta didik ketika menjadi Dokcil. Mereka akan lebih cepat tanggap dengan lingkungan sekitar, sekaligus memiliki keahlian dalam penanganan medis sejak dini.

Pengukuhan Dokcil ditandai dengan penyematan syal berwarna hijau di pundak siswa, dan penyerahan sertifikat. “Kami berharap para Dokcil dapat membantu meningkatkan partisipasi siswa dalam program UKS, serta menjadi motor penggerak PHBS,” ujar Beti.

Sebelum puluhan Dokcil ini dilantik terlebih dahulu mendapat pembekalan dari Unit Pelaksana Fungsi (UPF) Puskesmas Kelurahan Bhaktijaya. Materinya seputar kesehatan, meliputi pengetahuan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), gizi dan hidup sehat, serta program UKS.

Kepala UPF Puskesmas Kelurahan Bhaktijaya, Anita Rachamawati menuturkan, pihaknya akan mengevaluasi kinerja Dokcil di SDN Mekarjaya 31 pada enam bulan mendatang. Guna mengetahui tingkat ketercapaian Dokcil sebagai duta kesehatan sekolah.

“Kami juga berharap para Dokcil bisa menjadi promotor kepada teman-teman sebayanya tentang kesehatan, seperti cara mencuci tangan yang baik dan benar, penerapan PHBS, dan lain sebagainya,” tutur Anita.

Sebagai informasi, SDN Mekarjaya 31 merupakan salah satu sekolah yang meraih Adiwiyata Provinsi dan akan melaju ke Adiwiyata tingkat Nasional tahun depan. Selain itu juga memiliki program kebersihan dengan nama Bersih Hijau Berbunga Cinta Lingkungan (Berhibercling). (rd)

 

Jurnalis : Nur Aprida Sani (IG : @apridasani)

Editor : Pebri Mulya