GERAKAN : Sausana pelaksanaan pembersihan Situ Tujuh Muara yang dilaksanakan Disporyata, Kelurahan Sawangan, PUPR Kota Depok di wilayah Kecamatan Sawangan, Rabu (18/9). FOTO : DICKY/RADAR DEPOK
GERAKAN : Sausana pelaksanaan pembersihan Situ Tujuh Muara yang dilaksanakan Disporyata, Kelurahan Sawangan, PUPR Kota Depok di wilayah Kecamatan Sawangan, Rabu (18/9). FOTO : DICKY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, SAWANGAN – Melihat banyaknya Apu-apu tumbuh dipermukaan Situ Tujuh Muara Kecamatan Sawangan. Rabu (18/9), Pemerintah Kota Depok melaksanakan pembersihan Situ Tujuh Muara Kecamatan Sawangan. Kegiatan tersebut untuk mempercantik dan menghilangkan tanaman Apu-apu di Situ Tujuh Muara Kecamatan Sawangan.

Lurah Sawangan, Rahwana mengatakan, aksi bersih di Situ Tujuh Muara Kecamatan Sawangan, merupakan program kerja Pemerintah Kota Depok, melalui Disporyata, DPUPR, dan Kelurahan Sawangan. Aksi tersebut untuk menghilangkan tanaman Apu-apu yang tumbuh dan hampir menutup perairan Situ Tujuh Muara.

“Pemerintah Kota Depok telah berusaha membersihkan Situ Tujuh Muara yang banyak ditumbuhi Apu-apu,” ujar Rahwana kepada Radar Depok.

Lebih lanjutm, Rahwana menambahkan, pembersihan Situ Tujuh Muara Kecamatan Sawangan menggunakan peralatan kebersihan, perahu karet, dan truk untuk mengangkut sampah. Secara perlahan dan disisir tanaman Apu-apu dibersihan dan diangkat ke darat untuk dimasukan kedalam truk sampah.

Rahwana menuturkan, Pemerintah Kota Depok akan terus berusaha mengembalikan fungsi situ sebagai daerah resapan air dan kantong air di Kota Depok, khususnya Kecamatan Sawangan dan Bojongsari. Untuk memaksimalkan fungsi dan manfaat situ, Pemerintah Kota Depok mengajak masyarakat untuk menjaga dan merawat Situ Tujuh Muara Kecamatan Bojongsari.

“Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk menjaga kelestarian dan fungsi Situ Tujuh Muara,” tutup Rahwana. (rd)

 

Jurnalis : Dicky Agung Prihanto (IG: @iky_slank)

Editor : Pebri Mulya