HEBAT : Siswa SMK Putra Bangsa sedang mengikuti out bond dalam kegiatan LDKS yang diadakan di Batalyon Perhubungan (Yon Hub) Kosrtad, Ciluar, Kabupaten Bogor. FOTO : PEBRI/RADAR DEPOK
HEBAT : Siswa SMK Putra Bangsa sedang mengikuti out bond dalam kegiatan LDKS yang diadakan di Batalyon Perhubungan (Yon Hub) Kosrtad, Ciluar, Kabupaten Bogor. FOTO : PEBRI/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Menguatkan mental dan kedisiplinan siswanya, SMK Putra Bangsa yang berlokasi di Jalan Margonda, Gg. Kedondong, Kelurahan Kemirimuka, Kecamatan Beji mengadakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS). Kegiatan yang diadakan di Batalyon Perhubungan (Yon Hub) Kosrtad, Ciluar, Kabupaten Bogor itu, dilaksanakan selama dua hari, yakni dari 30 – 31 Agustus 3019.

Wakil Bidang Kesiswaan SMK Putra Bangsa, Aji Widayat mengatakan, dalam kegiatan LDKS kali ini, siswa yang ikut serta adalah kelas XI dengan jumlah ada 302 siswa. Jadi, selama dua hari pelaksanaan, siswa-siswa tersebut mendapatkan pelatihan dan pembinaan dari TNI yang berada di dalam kesatuan Yon Hub Kostrad.

“Ini adalah kegiatan yang selalu diadakan tiap tahunnya untuk siswa, bagian dari pendidikan karakter siswa untuk menjadi lebih baik lagi,” ucapnya kepada Radar Depok.

Aji menjelaskan, berbagai macam materi yang diberikan, yakni tentang bela negara, pelatihan baris berbaris, dan berbagai hal lainnya yang berkaitan dengan pembentukan karakter. Sedangkan untuk kegiatan lainnya, ada jelajah alam, outbond, renungan malam, dan pentas seni (pensi). Dalam kegiatan tersebut, melibatkan juga anggota OSIS dari SMK Putra Bangsa untuk melancarkan kegiatan.

“Semoga saja, dari kegiatan LDKS ini siswa menjadi lebih baik lagi dari segi karakter. Menjadi siswa yang mandiri, disiplin, serta bertanggungjawab. Jadi, bisa lebih baik lagi dalam kehidupan sehari-harinya,” terangnya.

Aji menuturkan, tidak hanya kelas XI saja yang menjalani program LDKS, tetapi rencananya pada awal tahun 2020, giliran siswa kelas X yang akan menjalani program pembentukan karakter tersebut.

“Kami ingin semua siswa merasakan manfaat dari kegiatan LDKS. Jadi, pendidikan dan pembinaan yang didapatkan dari sekolah, tidak hanya ilmu pengetahuan saja, tetapi juga tentang hal-hal yang berkaitan dengan berkehidupan sosial,” jelasnya. (rd)

 

Editor/Jurnalis : Pebri Mulya