PEMBUKAAN : Ketua Panitia Job Matching, Gebi Abda Mahes sedang memberikan sambutan dalam pembukaan Job Matching yang diadakan SMK Taruna Bakti, Rabu (18/9). FOTO : PEBRI/RADAR DEPOK
PEMBUKAAN : Ketua Panitia Job Matching, Gebi Abda Mahes sedang memberikan sambutan dalam pembukaan Job Matching yang diadakan SMK Taruna Bakti, Rabu (18/9). FOTO : PEBRI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, CIMANGGIS – SMK Taruna Bakti mengadakan Job Matching yang merupakan kerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Rabu (18/9). Dimana, dalam kegiatan yang diadakan di halaman SMK tersebut, total ada 18 perusahaan yang terlibat dalam kegiatan tahunan SMK yang berlokasi di Jalan Raya Pekapuran, Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis tersebut.

Ketua Panitia Job Matching, Gebi Abda Mahes mengatakan, kegiatan tersebut adalah bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sedangkan perusahaan yang terlibat ada yang bergerak di bidang teknologi, otomotif, dan jasa.

“Kami mengadakan kegiatan seperti ini setiap tahun diadakan, tetapi konsepnya selalu berbeda tiap tahunnya, dan tahun ini berkaitan dengan digitalisasi,” katanya.

Gebi menuturkan, untuk kegiatan Job Matching ditargetkan didatangi oleh 600 orang. Dimana, untuk pesertanya terbuka untuk umum, tetapi penyebaran informasinya lebih diutamakan untuk lulusan SMK Taruna Bakti dan beberapa SMK lainnya. Tetapi, target pesertanya adalah yang berusia 17 – 35 tahun dengan lulusan SMK, D3, dan S1.

“Kami ingin adanya perubahan perspektif, kalau SMK melahirkan pengganguran yang banyak. Kami ingin mendekatkan antara dunia kerja dengan lulusan SMK, agar mereka yang saling membutuhkan bisa saling bertemu, antara yang membutuhkan pekerja dan yang mencari pekerjaan,” terangnya.

TINJAU : Kepala KCD Pendidikan Wilayah II Jawa Barat, Aang Karyana sedang melihat salah satu stand di kegiatan Job Matching yang diadakan SMK Taruna Bakti, Rabu (18/9). FOTO : PEBRI/RADAR DEPOK

Sementara itu, Kepala KCD Pendidikan Wilayah II Jawa Barat, Aang Karyana menuturkan, dirinya memmberikan apresiasi dengan kegiatan yang diadakan SMK Taruna Bakti, karena bisa menjebatani perusahaan dan para pencari kerja. Sehingga, alumni dari SMK bisa mendapatkan perkerjaan. Dimana, tujuan dari SMK adalah menghasilkan lulusan yang memiliki ketrampilan, sehingga bisa terjun ke dunia kerja atau berwirausaha.

“Oleh karena itu, SMK harus terus bisa berinovasi dengan keadaan sekarang, terutama dengan memahami kebutuhan di dunia kerja. Karena sekarang ini ada beberapa pekerjaan yang hilang dan bermunculan dunia kerja yang baru,” tuturnya. (rd)

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya