SMP Islam Al Muhajirin Manasik Haji

In Pendidikan
KHUSYU: Peserta didik SMP Islam Al Muhajirin mengikuti pelatihan manasik haji, yang digelar di lapangan Al Muhajirin, Jalan Raya Nusantara, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas, Sabtu (31/8). FOTO : SANI/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Ratusan siswa dan guru SMP Islam Al Muhajirin mengikuti pelatihan manasik haji, yang digelar di lapangan Al Muhajirin, Jalan Raya Nusantara, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas, Sabtu (31/8). Dengan memakai pakaian serba putih seperti jamaah haji, mereka khusyu mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.

Pengawas Yayasan Pembangunan Islam Al Muhajirin, Qasin Shaleh mengatakan, setiap tahun Lembaga Pendidikan Islam Al Muhajirin selalu mengadakan pelatihan manasik haji. Hal itu tujuannya untuk mengenalkan nilai-nilai keislaman kepada seluruh siswa.

“Kegiatan manasik haji sengaja kami kenalkan sejak dini kepada anak-anak. Terlebih menunaikan (pergi) haji merupakan salah satu Rukun Islam kelima yang wajib diketahui oleh seorang muslim,” kata Qasim kepada Radar Depok.

Menurutnya, manasik haji merupakan salah satu metode pembelajaran untuk membentuk karakter kedisiplinan pada anak. Karena dalam setiap rangkaian kegiatan saat menunaikan ibadah haji harus bersama-sama dan tidak boleh bertindak semaunya.

Selama menjalani seluruh rangkaian manasik, siswa laki-laki mengenakan pakaian ihram dan yang perempuan memakai gamis warna putih. Bak seperti di tanah suci, di tengah lapangan ada miniatur Kabah. Lengkap juga dengan area untuk wukuf di Arafah, Muzdalifah, dan Mina.

Sementara itu, Kepala SMP Islam Al Muhajirin, Irmiwati menerangkan bahwa yang mengikuti pelatihan manasik haji adalah siswa kelas IX. Dimana kegiatan manasik haji masuk dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).

“Selain mendapatkan ilmu melalui teori, tentu kami juga langsung aplikasikan (praktek) langsung. Supaya anak-anak bisa belajar langsung apa itu kegiatan berhaji,” ujar Irmi.

Dia berharap, peserta didik dapat mengamalkan ilmu yang telah diterima melalui giat manasik haji. Seperti kedisiplinan waktu, tempat, dan tata krama. “Semoga di masa depan nanti, siswa kami bisa berangkat haji dana mengamalkan nilai-nilai yang telah diterima saat pelatihan,” pungkas Irmi. (rd)

 

Jurnalis : Nur Aprida Sani

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

penertiban masker di kecamatan bojongsari

66 Pelanggar Terjaring di Kecamatan Bojongsari

HUKUMAN : Anggota Satpol PP Kota Depok saat memberikan sanksi sosial kepada pelanggar yang tidak

Read More...
Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida

Istri Walikota Depok Positif Covid-19

Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida.   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Awan mendung seakan menghiasi langit PKK

Read More...
Robot ikut sosialisasi masker

Berkostum Robot, Polsek Cimanggis Hebohkan Sosialisasi Masker

UNIK : Anggota Polsek Cimanggis adakan sosialisasi masker dengan menggunakan kostum unik, di depan kantor

Read More...

Mobile Sliding Menu