Sosialisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM)

In Satelit Depok
LAYANAN SANITASI : Sekcam Cilodong, Sumarna (Pegang mik), bersama Lurah Sukamaju Nurhadi dengan Dinas Kesehatan Kota Depok saat memberikan sosialisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Aula Kantor Kelurahan Sukamaju, Jalan Raya Jakarta-Bogor. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

 

Sanitasi menjadi permasalahan dalam keluarga prasejahtera di Kelurahan Sukamaju, Cilodong, maka dari itu beberapa waktu lalu, di Kantor Kelurahan digelar sebuah sosialisasi dalam meningkatkan kesadaran buang air yang tidak semestinya.

Laporan : Arnet Kelmanutu

RADARDEPOK.COM, – Sejumlah Ketua lingkungan serta warga yang berkawasan dalam Kelurahan Sukamaju memenuhi aula Kantor Kelurahan di Jalan Raya Jakarta-Bogor. Dengan seksama, mereka mendengarkan sosialisasi STBM yang dibawakan Dinas Kesehatan Kota Depok bersama Kelurahan.

“Kami paham masih ada warga yang belum miliki septictank sehingga BAB tak pada tempatnya. kami akan terus mendorong untuk diadakannya septictank yang menjadi kebutuhan. Agar warga sehat dan bersih,” ungkap Lurah Sukamaju, Nurhadi saat memberikan wejangan kepada warganya.

Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) menjadi muara penting untuk dijadikan gaya hidup, hal tersebut tercetus kembali dari mulut Nurhadi. Tak sedikit warga yang memanggut-manggutkan kepalanya.

Ada sekitar empat lingkungan yang menjadi fokus Kelurahan bersama dengan dinas terkait mempercepat adanya IPAL baik komunal maupun individu, yakni RW01, 09, 10,  dan RW21. Dengan tegas Nurhadi mengatakan, hal ini untuk kesejahteraan warga prasejahtera di tengah kota.

Pendataan akan dilakukan untuk kepada setiap Kepala Keluarga (KK) yang sanitasinya alias tempat buang hajat masih jauh dari kata layak atau bahkan tidak miliki sama sekali. Untuk sosiaslisasi ini akan berlanjut hingga terealisasinya sanitasi yang layak bagi keluarga prasejahtera.

“Semua akan didata, untuk mempercepat tentu koordinasi secara maksimal akan dilakukan bersama dinas terkait untuk menciptakan septictank layak,” lanjutnya.

Tak lama, acara pun usai, bercengkrama berbincang hangat mewarnai sosialisasi yang digelar semenjak pukul 10.00 WIB hingga usai. Terpancar senyam senyum warga menghiasi ruang aula kelurahan, dengan harapan penuh sanitasi dapat direalisasikan segera. (rd)

 

Jurnalis : Arnet Kelmanutu (IG : @kelmanutuarnet)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

kantor bawaslu depok ditutup

Ada yang Terkena Covid-19, Sekretariat Bawaslu Depok Tutup

TUTUP : Penampakan Kantor Sekretariat Bawaslu Kota Depok di Jalan Nusantara Raya, Nomor 1 RT03/13

Read More...
penertiban masker di kecamatan bojongsari

66 Pelanggar Terjaring di Kecamatan Bojongsari

HUKUMAN : Anggota Satpol PP Kota Depok saat memberikan sanksi sosial kepada pelanggar yang tidak

Read More...
Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida

Istri Walikota Depok Positif Covid-19

Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida.   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Awan mendung seakan menghiasi langit PKK

Read More...

Mobile Sliding Menu