Pebalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez.
Pebalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez.

 

PEBALAP Tim Repsol Honda, Marc Marquez diperkirakan akan menggenapi gelar juara dunia yang keenam kalinya di MotoGP. Hal itu bisa terjadi, jika pebalap berjulukan Baby Alien tersebut bisa meraih podium di tiga dari enam laga tersisa. Jadi, hitungannya cukup membutuhkan 58 poin maka juara dunia ditangan.

Dilaporkan CNN, penampilan Marquez di musim ini begitu ciamik. Dia tidak pernah finis di luar dua besar, kecuali di MotoGP Amerika Serikat saat kecelakaan. Prestasinya saat ini, sulit ditandingi pebalap-pebalap lain.

Tercatat, Marquez sudah meraih tujuh kemenangan, dengan koleksi 275 poin. Sedangkan Andrea Davizioso yang berada di peringkat kedua, selisih poinnya 93 angka, dan baru mencatat dua kemenangan.

Dengan kemenangan di enam seri tersisa, poin maksimal Dovizioso hanya akan ada di angka 332 poin. Marquez pun hanya tinggal membubuhkan 58 poin untuk memiliki torehan 333 poin.

Aturannya, setiap juara satu meraih 25 poin, juara dua 20 poin, dan ketiga 16 poin. Artinya, Marquez hanya perlu tiga kali juara untuk menjadi juara dunia. Terlebih, laga terdekat, pada Minggu (22/9) akan berlangsung di Aragon, Spanyol. Kandang Marquez.

Di Aragon, Marquez adalah pemenang di tiga laga terakhir. Sebaliknya Dovizioso musim lalu mampu jadi runner-up di MotoGP Aragon setelah di musim sebelumnya kesulitan dan hanya finis di posisi ketujuh. (rmco/rd)

 

Editor : Pebri Mulya