Tipu 200 Calon Jamaah Umrah, Bos PT Damtour Ditangkap

In Metropolis
MALU : Tersangka penipuan ratusan calon jamaah umrah, Direktur PT Damtour Hambali Abbas ditangkap polisi. FOTO : POLRESTA DEPOK FOR RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Setelah buron selama hampir dua tahun. Akhirnya Bos  PT Doa Arafah Madinah (Damtour), Hambali Abbas dicokok Polresta Depok. Kasus penipuan yang dilakukan perusahaan travel umrah ini telah merugikan 200 calon jamaah umrah, dengan membawa kabur uang Rp4 miliar.

Kapolresta Depok, AKBP Azis Andriansyah mengatakan, pelaku membawa kabur uang 200 calon jamaah umrah yang mendaftar di PT Damtour. Diduga uang yang dibawa kabur senilai Rp4 miliar. “Tersangka merupakan Direktur PT Damtour Hambali Abbas yang diamankan Unit Krimsus Sat Reskrim Polresta Depok,” kata Azis kepada Radar Depok, Senin (16/9).

Penangkapan Bos PT Damtour berdasarkan laporan salah satu korban pada 14 Mei 2018 lalu. Artinya setelah 1,4 tahun buron, Hambali Abbas kemudian ditangkap di tempat persembunyiannya di Jalan Proklamasi No1, Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya.

Azis menjelaskan, pelaku mengelabui calon jamaah melalui karyawan marketingnya bernama Agustin dengan menawarkan sejumlah promo menarik. Meliputi pembayaran yang bisa dicicil, sampai promo kisaran harga keberangkatan antara Rp 11 juta hingga Rp25 juta. Dengan iming-imingan ini, sejumlah korban tertarik dan membayarkan uangnya kepada PT Damtour.

“Akhirnya korban (pelapor) membayar sebesar Rp47 juta untuk suami istri dan juga teman-temannya sebanyak 33 orang, total senilai kurang lebih Rp 600 juta,” jelasnya.

Kejadian penipuan ini sudah berjalan sejak 2011 silam. Baru menyadari ada keganjalan, usai korban mentransfer uang dan tidak diberangkatkan sampai 2018. Akhirnya Bos PT Damtour yang beralamat kantor di Jalan Tole Iskandar, Cilodong ini menutup kantornya pada Februari 2018.

“Tersangka Hambali Abbas kami jerat dengan pasal 378 KUHP dan atau 372 KUHP tentang penipuan dan atau penggelapan. Dengan ancaman pidana maksimal 10 tahun penjara,” tegas Azis.

Sementara, Ketua LSM Kapok, Kasno mengapresiasi yang setinggi tingginya kepada Polresta Depok berserta jajaranya, karena sudah menangkap dan menahan Hambali Direktur DAM TOUR sebagai tersangka. “Semoga Hukum di Kota Depok tidak tumpul keatas namun tajam kebawa, dan hukum dapat diterapkan dengan seadil-adilnya,” singkatnya. (rd)

 

Jurnalis : Nur Aprida Sani (IG : @apridasani)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

XL untuk pembelajaran

Belajar Online Tambah Seru? #KenapaNggak

  RADARDEPOK.COM - Masa pandemi membuat kita beradaptasi dengan banyak hal baru. Selain kita harus selalu menggunakan masker, mencuci tangan

Read More...

Cinta Tanah Air Sebagian dari Iman

  Oleh: K.H. A. Mahfudz Anwar Ketua MUI Kota Depok   KETIKA anda bilang cinta, maka pasti ada konsekwensinya. Karena setiap ucapan yang

Read More...
ilustrasi PNS ASN indonesia

Ada Lima ASN Positif Covid-19, Berikut Rinciannya

  RADARDEPOK.COM, DEPOK - Mulai menyebarnya Covid-19 di tubuh Apartur Sipil Negara (ASN), Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melakukan langkah cepat

Read More...

Mobile Sliding Menu