RAMAH ANAK : Para Kader yang berada di RW01 dan RW02 bersama dengan warga saat foto bersama dalam pembentukan dan pemantapan RW Ramah Anak di RW01 dan RW02 Kelurahan/Kecamatan Cipayung. FOTO : ARNET/RADARDEPOK
RAMAH ANAK : Para Kader yang berada di RW01 dan RW02 bersama dengan warga saat foto bersama dalam pembentukan dan pemantapan RW Ramah Anak di RW01 dan RW02 Kelurahan/Kecamatan Cipayung. FOTO : ARNET/RADARDEPOK

 

Kelurahan Cipayung terus berupaya nyata dalam menciptakan serta mewujudkan lingkungan yang produktif dalam segala lini dan berbagai usia. Keberlangsungan anak menjadi perhatian khusus, lingkungan yang ramah akan anak terus dikembangkan.

Laporan : Arnet Kelmanutu

RADARDEPOK.COM, – Sebanyak 50 kaum ibu yang bermukim di RW01 dan RW02 yang menjadi lokasi Program Peningkatan Peran Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) memenuhi kediaman salah satu warga RW01, Nunung, tepatnya di RT 02/01 Kelurahan/Kecamatan Cipayung.

Mereka tengah menjalani pemantapan membentuk RW ramah anak dalam mewujudkan Kota Layak Anak. Pernyataan tersebut dilontarkan Lurah Cipayung Herman di Kantor Kelurahan, di sela sosialisasi pemantapan tersebut.

“Ya memang lokasinya di P2WKSS, perwakilan dari kecamatan hadir dalam memberikam pemantapan maupun pemahan RW ramah anak,” kata Herman.

Herman yang kala itu mengenakan kopiah hitam, lengkap dengan lencana ASN emas di saku bajunya menjelaskan, Kota Layak Anak sudah seharusnya di mulai dari bawah atau lingkungan terkecil, yakni keluarga, baru masuk lingkungan sekitar, RT maupun RW, Kelurahan hingga Kecamatan.

Intinya, Herman yang saat itu didampingi staf Kelurahan, Rustinah mengatakan bahwa intinya, bagaimana seorang anak merasa nyaman dan aman dalam menjali hidup sehari-hari, mulai dari bermain hingga bersekolah.

“Lingkungan yang mendukung pasti akan membantu anak berkembang secara positif dengan cepat, Insyaallah,” ucap Herman yang kini dipindah tugaskan menjadi Lurah Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas.

Tak lama berselang berbincang dengan Lurah Herman, seorang ibu berhijab merah marun menghampiri dengan menyodorkan tangan seraya berkata “ Saya Nunung sebagai pemilik rumah. Dari kemarin memang padat kegiatan kami apalagi di lokasi P2WKSS, besok pemantapan di lanjut di RW08, RW09 dan RW11,” samber Nunung yang ikut nimbrung perbincangan.

Masih terasa hangat, usai pemantapan RW ramah anak dilakukan, suguhan makanan ringan, berat hingga minuman dingin dan panas tersaji di pelataran teras yang beralas tikar. Rencana demi rencana dalam membangkitkan lingkungan yang ramah akan anak dibawa dalam perbicangan ringan siang itu. (rd)

 

Editor : Pebri Mulya