BERI PEMBEKALAN : Lurah Mekarjaya, Arifin dibantu Personel Damkar saat melaksanakan kegiatan Mitigas di Balai Warga RW02 Kelurahan Mekarjaya, Sukmajaya, Senin (16/9). FOTO : ARNET/RADARDEPOK
BERI PEMBEKALAN : Lurah Mekarjaya, Arifin dibantu Personel Damkar saat melaksanakan kegiatan Mitigas di Balai Warga RW02 Kelurahan Mekarjaya, Sukmajaya, Senin (16/9). FOTO : ARNET/RADARDEPOK

 

Pengetahuan tentang penyelamatan diri dalam situasi kebakaran harus diterima siapapun karena hal ini menjadi bekal mendasara dalam menjalani hidup sehari-hari. Warga RW02 Kelurahan Mekarjaya, Sukmajaya, senin (16/9) menerima serangkaian penanganan bencana.

Laporan : Arnet Kelmanutu

RADARDEPOK.COM, – Usai diberikan secara teori di Balai Warga RW02 Kelurahan Mekarjaya, para kaum ibu yang mendominasi pada giat mitigas yang dilakukan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok bekerjasama dengan aparatur setempat.

Tabung gas 3 kilogram dengan selang hijau yang menancap pada bibir gas telah ditaruh di aeral lapang sekitar RW02 Kelurahan Mekarjaya. Tak hanya itu, drum besar lengkap dengan karung goni basah pun terlihat di lapangan yang miliki luas sekitar 10X15 meter.

Satu persatu ibu ataupun aparatur sekitar dipersilakan maju untuk mencoba mengantisipasi kejadian kebakaran, Lurah Mekarjaya Zainal Arifin tak canggung maju. Dengan sigap dirinya mematikan api yang yang menyala dalam drum dengan sebuah karung goni basah, sambutan meriah warga pun terdengar.

“Jelas semua warga harus tau, meski disini bukan wilayah rawan bencana semacam ini, tapi pembekalan harus lah dimiliki,” jelas Zainal usai mencoba salah satu atraksi pemadaman api.

Tak ingin kalah dengan pemangku wilayahnya, seorang ibu paru bayah dengan hijab hitam mencoba apa yang telah dilakukan Lurahnya. Beruntung proses pemadaman berjalan lancar, sang ibu terlihat sumgringah bahagia.“Keberhasilan dari ssemuanya adalah jangan panik dan segera lapor, biar cepat ditangani.” Ungkap salah satu personil kebakaran dengan mengenakan rompi warna krem, Muryanto.

Puluhan ibu, serta anak-anak memenuhi lapangan tempat lokasi mitigas berlangsung, setelah ini warga RW 07 akan segera disambangi dan ditutup di Kantor Kelurahan Mekarjaya. (rd)

 

Editor : Pebri Mulya