DIMULAI: Walikota Depok, Mohammad Idris membuka secara resmi Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Daerah (Pospeda) Tingkat Kota Depok, tahun 2019, kemarin (11/9). FOTO : DISKOMINFO FOR RADAR DEPOK
DIMULAI: Walikota Depok, Mohammad Idris membuka secara resmi Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Daerah (Pospeda) Tingkat Kota Depok, tahun 2019, kemarin (11/9). FOTO : DISKOMINFO FOR RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) menggelar Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Daerah (Pospeda) Tingkat Kota Depok Tahun 2019.

Pospeda dibuka secara resmi oleh Walikota Depok, Mohammad Idris, di lapangan Balaikota, kemarin (11/9).

“Pospeda diharapkan bisa menjadi wadah bagi para santri membuktikan kualitas mereka. Terutama di bidang olahraga dan seni,” ungkap Idris, Rabu (11/09).

Menurutnya, dalam konsep pendidikan pesantren, para santri harus memiliki keunggulan dari segi pembinaan dan olahraga fisik. Karena itu, ucap Mohammad Idris, para santri bukan hanya harus rajin berolahraga. Akan tetapi juga dibantu dengan menjaga pola makanannya.

“Tentu kami juga bersama Kementerian Agama (Kemenag) Depok memberian perhatian agar anak-anak kita menjadi santri yang juara. Mulai dari fisik, akal, dan spiritualnya,” tutur Idris.

Kegiatan Pospeda tersebut, diikuti sebanyak 560 santri dari 28 Pondok Pesantren (Ponpes) se-Kota Depok.

“Perlombaan tahunan ini diikuti santri yang berusia 14 tahun atau yang duduk di kelas VIII. Tujuannya, menggali minat dan bakat santri di bidang yang dilombakan,” kata Kepala Disporyata Depok, Wijayanto, Rabu (11/09).

Dikatakannya, ajang yang digelar hingga 13 September 2019 dilaksanakan di empat lokasi yang berbeda. Untuk cabang olahraga (cabor) Pencak Silat kegiatannya dilaksanakan di Balai Rakyat Kecamatan Sukmajaya. Sedangkan cabor Bulutangkis di GOR Tirtasari, Kecamatan Sukmajaya.

“Adapun cabor basket di GOR Hadi Kecamatan Sawangan, dan cabor futsal di Kampus LIA Margonda,” tuturnya.

Lebih lanjut, ucap Wijayanto, Pospeda 2019 juga sebagai upaya pihaknya mempersiapkan para atlet untuk bertanding di level provinsi. Dirinya berharap, ada perwakilan dari Depok yang terus bertanding hingga level nasional.

“Juara pertama akan kami persiapkan untuk menghadapi Pospeda Tingkat Provinsi tahun mendatang,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : M Agung HR (IG : @agungimpresi)

Editor : Pebri Mulya