BANYAK PILIHAN : Sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) meramaikan kegiatan Gelar Produk UMKM Juara Kota Depok di Balaikota Depok, Jumat (4/10). FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
BANYAK PILIHAN : Sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) meramaikan kegiatan Gelar Produk UMKM Juara Kota Depok di Balaikota Depok, Jumat (4/10). FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memadati halaman Balaikota, Jumat (4/10). Mereka pelaku UMKM Kota Depok, yang mengikuti Gelar Produk dan Temu Bisnis UMKM Juara. Sementara 48 pelaku usaha lainnya, peserta pelatihan pendampingan dari Provinsi Jawa Barat.

Kepala Bidang Usaha Kecil Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (Diskuk) Provinsi Jawa Barat, Tatang Suryana mengatakan, kegiatan kemarin merupakan pertemuan ratusan pelaku UMKM Kota Depok yang digagas oleh Provinsi Jawa Barat. Tujuannya mengembangkan usaha dari level mikro ke level menengah.

“Melalui gelar produk ini, target kami adalah mewujudkan pelaku usaha naik kelas. Indikatornya, meningkatnya pendapatan bersih setiap bulan,” kata Tatang kepada Harian Radar Depok.

Nantinya ke 48 peserta binaan ini akan tampil pada gelar produk internasional akhir tahun mendatang. Para pelaku UMKM ini sudah mendapatkan pembinaan sejak Juli lalu.

Sementara itu, Koordinator pembinaan UMKM Jabar Juara, Said Mustofa menuturkan, puluhan pelaku usaha ini mendapat pembinaan coaching bisnis setiap dua pekan sekali. Selama beberapa bulan ini, lanjutnya, perkembangan usaha di Kota Depok meningkat.

“Dari segi marketing mengalami peningkatan karena memasarkan secara massal, segi SDM juga sudah memiliki banyak pegawai, omset pun juga lumayan meningkat, dan seluruh pelaku usaha sudah mempunyai legalitas sesuai usahanya,” tutur Said.

Menurut Said, produk UMKM Depok lebih menonjol di usaha kuliner. Menariknya Depok belum memiliki ciri khas, sehingga kuliner Depok lebih beragam.

“Uniknya itu beragam kuliner Depok dari Sabang sampai Merauke ada semua disini,” terang Said.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Depok, Fitriawan menyambut positif adanya Gelar Produk UMKM Juara. Dirinya berharap, produk unggulan yang dijajakan di ajang ini, semakin dikenal secara luas oleh masyarakat.

“Mudah-mudahan melalui acara ini, berdampak positif pada omzet penjualan mereka,” pungkas Fitriawan. (rd)

 

Jurnalis : Nur Aprida Sani (IG : @apridasani)

Editor : Pebri Mulya