ACHMAD RIZA ALHABSYI
ACHMAD RIZA ALHABSYI

Lebih Dekat dengan Bakal Calon Walikota Depok, Achmad Riza Alhabsyi

Berangkat dari cita-cita yang luhur, memiliki keinginan yang kuat dalam mewujudkan Depok sebagai kota yang maju, salah satu Bakal Calon Walikota Depok Periode 2020-2024, Achmad Riza Alhabsyi terus berkomitmen memperjuangkan harapan dan tantangan dalam menghadapi pembangunan Kota Depok ke arah yang lebih baik lagi.

Tahun 2020 mendatang Kota Depok menjadi salah satu daerah dari delapan wilayah di Provinsi Jawa Barat yang akan menggelar Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) secara serentak. Saat ini mulai bermunculan Bakal Calon Walikota Depok yang bakal maju pada perhelatan kontestasi politik lima tahunan tersebut. Di antaranya, Achmad Riza Alhabsyi.

Sebagai Bakal Calon Walikota Depok, Achmad Riza Alhabsyi memiliki misi Menciptakan Tata Kelola Pemerintahan yang Berkualitas. Habib Riza—sapaan Achmad Riza Alhabsyi—menilai, menciptakan tata kelola pemerintahan di Kota Depok yang berkualitas, artinya meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintah dan pelayanan prima kepada seluruh lapisan masyarakat, baik dalam bidang pelayanan umum, pendidikan, kesehatan, keamanan, ketentraman, dan ketertiban umum, serta bidang pelayanan pembangunan lainnya.

Selain itu, meningkatkan kualitas SDM aparatur negara dan masyarakat, terutama pada bidang-bidang yang memiliki potensi untuk meningkatkan kehidupan masyarakat. Lalu membangun jaringan kerjasama antar pemerintah daerah dengan masyarakat baik secara lokal, regional, maupun nasional yang ditunjang oleh tersedianya sarana dan prasarana yang cukup memadai.

“Selanjutnya membangun citra aparatur pemerintah daerah melalui peningkatan kemampuan, moral, dan etika,” ungkap Habib Riza kepada Radar Depok.

Dari sisi Pendidikan, Habib Riza memiliki harapan pendidikan di Kota Depok  murah dan berkualitas. Menurutnya, pendidikan merupakan bagian terpenting dalam pembangunan manusia. Pendidikan yang murah, berkualitas, dan humanis dibutuhkan untuk pemerataan kesempatan kepada setiap warga untuk mengenyam pendidikan. Disamping itu, pengembangan sarana pendidikan yang bermutu dengan dukungan infrastruktur yang memadai melalui pemerataan dan peningkatan akses terhadap pendidikan berkualitas.

Ada juga pengembangan kemitraan antara pendidikan dengan dunia usaha, profesi, dan masyarakat. “Kemudian peningkatan kualitas dan kesejahteraan guru, penataan manajemen sekolah serta pendidikan luar sekolah, hingga penataan pembiayaan pendidikan yang berkualitas dan murah,” ungkap Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, periode 2009-2014 ini.

Saat ditanya konsep yang bakal ia terapkan jika menjadi Walikota Depok, Habib Riza menyebutkan akan mewujudkan Depok sebagai sentra industri kreatif berbasis ekonomi kerakyatan. Sektor ekonomi Usaha Kecil dan Menengah lanjut Habib Riza, teruji mampu menyokong pembangunan ekonomi daerah. Maka, dukungan kebijakan dan akses finansial yang memadai diperlukan dalam pengembangan UKM. Dalam hal ini, pelaku usaha kaki lima pada sektor informal perlu pula mendapat dukungan pembinaan dan penataan yang adil dan terpadu.

Disiapkan pula pengembangan iklim usaha yang kondusif. Di antaranya melalui pembinaan dan pengembangan Usaha Kecil, Menengah dan Koperasi. Penciptaan iklim investasi dan usaha yang kondusif serta berkeadilan. Penataan dan pengetatan izin pasar modern. Pengembangan kemitraan dan pengembangan pasar antara usaha besar dengan UKM.

“Pengembangan dan penataan sektor informal (PKL) secara adil, partisipasif dan terintegrasi. Selain itu pemberdayaan kelompok pengangguran dan miskin, hingga peningkatan promosi, pemberian intensif dan kemudahan perizinan bagi investasi industri kreatif,” ucap Habib Riza.

Bagaimana dengan pengembangan seni budaya sebagai potensi wisata di Kota Depok? Habib Riza mengatakan, telah memiliki sejumlah konsep. Yakni pengembangan kampung seni dan budaya, serta pembangunan gedung kesenian yang representatif. Penggalakan padepokan-padepokan seni dan ruang-ruang pamer karya seni. Kerjasama pelestarian dan pengembangan seni budaya lokal dengan pelaku industri pariwisata (PHRI), untuk menyediakan tempat-tempat pertunjukan seni tradisional di hotel dan restoran.

“Diperlukan juga kerjasama dalam pameran dan event seni budaya (lokal dan kreatif) dengan pihak swasta,” ujar Habib Riza.

Sektor lainnya yang ia soroti yaitu peningkatan mutu kesehatan masyarakat. Salah satunya melalui peningkatan sarana dan prasarana kesehatan, serta pelayanan yang cepat serta murah dari rumah sakit maupun puskesmas melalui program jaminan kesehatan masyarakat. Lalu memastikan pembayaran klaim jaminan kesehatan kepada rumah sakit dilakukan secara tepat waktu. Hal lainnya, mencegah perilaku dokter yang seolah-olah menjadi agen industri obat yang dapat memberatkan pasien, padahal pasien berhak atas obat yang murah dan tepat guna.

Kemudian, pembagian kelas rumah sakit hanya untuk fasilitas ruang saja bukan kualitas pelayanan. Perlu juga pembudayaan minum susu, dengan melibatkan peternak, produsen susu, dan sekolah.  “Harus dibenahi juga sanitasi permukiman penduduk. Dan memasyarakatkan program Go Green Kota Depok, melalui gemar bertanam hingga menjadikan Depok Bersih, Sehat, dan Asri,” tutur pria yang menjabat sebagai Ketua Relawan Jokowi-Ma’ruf, DPD Bara JP Jawa Barat ini.

Habib Riza menilai, saat ini di Indonesia khususnya  Kota Depok, perkembangan teknologi informasi sudah pada titik massif. Penerapan teknologi informasi dalam peningkatan layanan pemerintahan yang terintegrasi sudah merupakan kebutuhan yang tidak terelakkan. Teknologi informasi menawarkan peningkatan kemudahan mengakses data, efisiensi, akuntabilitas dan kecepatan layanan.

“Implementasi teknologi informasi bisa melalui peningkatan layanan pemerintahan dengan penerapan sistem teknologi informasi yang terintegrasi. Kemudian pengembangan basis data Kota Depok yang dapat diakses secara online. Dengan program tersebutlah Inshaallah Kota Depok jauh lebih maju,” tutup Habib Riza. (gun)

ACHMAD RIZA ALHABSYI

Panggilan                             : Habib Riza

Tempat/Tanggal/Lahir   : Surabaya, 17 November 1975

Agama                                  : Islam

Alamat                                  : Komp. Perumnas Depok Utara, Jalan Kecubung No.1 RT01/06, Kelurahan Beji,

Kecamatan Beji, Kota Depok

PENDIDIKAN

  1. SDN Beji VI (Lulus Tahun 1988)
  2. SMPN 2 Depok (Lulus Tahun 1991)
  3. SMAN 28 Jakarta Selatan (Lulus Tahun 1995)
  4. Diploma (D3), Teknik Grafika Politeknik Universitas Indonesia (Lulus Tahun 1998)

 

ORGANISASI

  1. Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan (1996-1997)
  2. Dewan Redaksi Majalah Suara Mahasiswa (1996-1997)
  3. Ketua Forum Study Ekskursi, Politeknik Universitas Indonesia, Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan (1996-1997)
  4. Dewan Redaksi Harian Bergerak Universitas Indonesia (1997-1998)
  5. Ketua Penasehat DPC Baitul Muslimin Indonesia (BAMUSI) Kota Depok (2008-2015)
  6. Ketua Departemen Keagamaan, DPD PDI Perjuangan (2011-2015)
  7. Wakil Ketua Bidang Politik dan Pemerintahan, PW Ansor Jabar (2012-2016)
  8. Tim Pemenangan Pilgub Jawa Barat, PDI Perjuangan (2013)
  9. Koordinator Relawan Rieke Masduki (RRM) 2013
  10. Relawan Pemenangan Pilpres Jokowi-Jusuf Kalla (2014)
  11. Bendahara Umum, DPP Banteng Indonesia (BANINDO), 2015-2020
  12. Ketua Pengprov PERBASASI Jawa Barat (2013-2017)
  13. Tim Pemenangan Pilgub Jabar, PDI Perjuangan (2018)
  14. Wakil Ketua Relawan Jokowi-Ma’ruf, DPD Bara JP Jabar (2018-sekarang)

 

PEKERJAAN/JABATAN

  1. Supervisi PT. Darul Kutub Islamiyah (1999-2001)
  2. Supervisi PT. Era Variasi Intertika (2001-2002)
  3. Designer Grafis PT. Alpha Graphics Indonesia (2002-2003)
  4. Komisaris CV. Reksa DesignerInk (2003-2007)
  5. Wakil Ketua F-PDI Perjuangan DPRD Jabar (2009-2014)
  6. Konsultan Marketing PT. Sinatria Artha Asmawi (2015-2016
  7. Wakil Ketua Bidang Perencanaan Anggaran dan Program, KONI Jabar (2014-2018)
  8. Komisaris Utama PT. Tri Hidayah Anugerah (2017-sekarang)

 

PENGHARGAAN

  1. Sebagai Relawan dan Pelopor Posko Mega Gotong Royong (2008)
  2. Relawan dan Donatur Gempa Tsunami Aceh dari Bulan Sabit Merah (2005)
  3. Narasumber Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jabar (2012)
  4. Narasumber Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dirjen Kebudayaan (2013)
  5. Partisipan HUT Kemerdekaan RI Ke-70, di Wilayah Perkebunan Sabah Malaysia (2015)

 

RIWAYAT PERJUANGAN

  1. Ikut dalam gerakan Mimbar Bebas Demokrasi Pro Mega di Jalan Diponegoro (1996)
  2. Aktif dalam Pers Kampus UI, Harian Bergerak, Gerakan Mahasiswa untuk Reformasi (1998)
  3. Aktif dalam Kegiatan Seni dan Budaya Indonesia, di Festival Gannat, Perancis (2012)
  4. Aktif dalam Kegiatan Pendidikan Nasional dalam Studi Sekolah Bertaraf Internasional di Melbourne, Australia (2014)
  5. Aktif dalam Pembinaan Cabang Olahraga Baseball dan Softball dalam PON XIX, di Jabar (2016)