PENYERAHAN : Walikota Depok, Mohammad Idris menyerahkan secara simbolis buku tabungan bantuan perbaikan RTLH kepada penerima manfaat di Balai Rakyat Depok 2, Kecamatan Sukamajaya, Kamis (24/10). FOTO : LULU/RADAR DEPOK
PENYERAHAN : Walikota Depok, Mohammad Idris menyerahkan secara simbolis buku tabungan bantuan perbaikan RTLH kepada penerima manfaat di Balai Rakyat Depok 2, Kecamatan Sukamajaya, Kamis (24/10). FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, SUKMAJAYA –  188 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kecamatan Sukmajaya bakal dipugar. Hal tersebut, ditandai dengan penyerahan buku rekening BJB bagi penerima manfaat yang dilakukan secara simbolis oleh Walikota Depok, Mohammad Idris di Balai Rakyat Depok 2 kecamatan setempat, Kamis (24/10).

Walikota mengatakan, rumah tinggal yang layak merupakan hak setiap warga dan dilindungi Undang-Undang.  Layak yang dimaksudnya, yaitu berada dalam kondisi yang baik dan sehat.

“Untuk memudahkan proses RTLH terealisasi, maka Pemkot Depok bekerja sama dengan BJB sesuai dengan aturan pemerintah pusat bahwa semuanya harus bersifat non tunai,” lanjut Idris.

Ia menjelaskan, bantuan RTLH ini merupakan hasil usulan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang)  2018. Untuk itu, Idris meminta kepada pelaku usaha untuk dapat membantu program tersebut.

“Kepada penerima bantuan pemanfaatan RTLH, diharapkan agar memaksimalkan anggaran yang diterima dengan sebaik mungkin, serta mencatat semua pengeluaran dan melaporkannya kepada pihak terkait,” ucap Idris.

Di tempat yang sama, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok, Nina Suzana menuturkan, Sukmajaya banyak mendapatkan bantuan perbaikan RTLH. Sebab, di wilayah tersebut padat penduduk.

Dari 188 RTLH, ia menguraikan, Kelurahan Tirtajaya tiga unit, Cisalak 70 unit, Mekarjaya 29 unit, Sukmajaya 15 unit, Abadijaya 46 unit dan Baktijaya 25 unit.

“Penerima bantuan RTLH akan menerima masing-masing Rp18 juta, di mana Rp15 juta untuk bahan bangunan dan Rp3 juta untuk jasa tukang. Sedangkan untuk proposal, laporan, monitoring dikelola kecamatan sebesar Rp2 juta,” ucap Nina. (rd)

 

Tentang Perbaikan RTLH Sukmajaya

  • 188 RTLH diperbaiki
  • Kelurahan Tirtajaya tiga unit
  • Kelurahan Cisalak 70 unit
  • Kelurahan Mekarjaya 29 unit
  • Kelurahan Sukmajaya 15 unit
  • Kelurahan Abadi 46 unit
  • Kelurahan Baktijaya 25 unit
  • Anggara Rp20 juta per unit
  • Rp18 juta biaya material dan tukang
  • Rp2 juta untuk pemberkasan dan monitoring

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah (IG : @lutviatulfauziah)

Editor : Pebri Mulya