DIKLAT: Kegiatan Pitaran Pelatih Kwarcab Kota Depok 2019, yang digelar oleh Pusdiklatcab Gerakan Pramuka Kota Depok, yang berlangsung di Cibodas, Puncak, Kabupaten Bogor, pada 12-13 Oktober 2019. FOTO : AGUNG/RADAR DEPOK
DIKLAT: Kegiatan Pitaran Pelatih Kwarcab Kota Depok 2019, yang digelar oleh Pusdiklatcab Gerakan Pramuka Kota Depok, yang berlangsung di Cibodas, Puncak, Kabupaten Bogor, pada 12-13 Oktober 2019. FOTO : AGUNG/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sebanyak 35 pelatih pembina mengikuti Pitaran Pelatih Kwarcab Kota Depok, yang digelar oleh Pusdiklatcab Gerakan Pramuka Kota Depok, di Cibodas Puncak, Kabupaten Bogor, pada 12-13 Oktober 2019.

Sekretaris Mabicab Kota Depok, Sariyo Sabani menuturkan, pelatih memerlukan kepandaian sebagai gurunya pembina Pramuka. Di antaranya tertuang dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

“Mengatur tentang cara gerakan pramuka, kepramukaan, dan menjelaskan apa itu pramuka,” ungkap Sariyo kepada Radar Depok.

Selain itu ada tata cara pemakaian atribut gerakan pramuka, baik untuk golongan Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega. Serta pakaian pembina pramuka, termasuk pakaian seragam lapangan atau pakaian khusus untuk upacara diatur dan dituangkan dalam UU Nomor 12.

“Pendidikan ini secara menyeluruh, mulai dari non formal, informal, dan formal. Bila keluarga itu informal, ini sangat penting karena waktunya banyak, mereka bersosialisasi tetapi memengaruhi formal (sekolah, red),” terang Sariyo.

Hal itu pula lanjut Sariyo, memengaruhi karakteristik siswa yang kuat untuk menjaga keutuhan, menjaga persatuan kesatuan bangsa. Karena di dalam pramuka ini tidak membedakan suku, bahasa karena menjunjung tinggi Bhineka Tunggal Ika. Kegiatan ini juga sebagai bekal pembina pelatih pramuka, agar pada saat memberikan kursus terhadap anak didik pramuka tertanam siswa yang cinta tanah air.

“Idealnya kegiatan Pitaran ini dalam setahun dilaksanakan empat kali, sesuai perkembangan zaman. Semoga ke depannya bisa lebih ditingkatkan lagi,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : M. Agung HR (IG : @agungimpresi)

Editor : Pebri Mulya