8.810 Jiwa Belum Rekam KTP-El

In Metropolis
PEMBUATAN KTP-EL : Petugas menunjukkan KTP-el yang sudah jadi di Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) hingga saat ini masih terus berlangsung. Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok, masih ada 8.810 jiwa yang belum merekam KTP-El.

Kepala Disdukcapil Kota Depok, Munir menyebutkan, hal itu terjadi karena faktor masyarakat.

“Alat lengkap, Depok sudah sangat siap melayani perekaman KTP-El. Di setiap kelurahan sudah ada operator KTP-El, warga tinggal datang saja,” ungkap Munir kepada Radar Depok, Senin (21/10).

Meski begitu, masyarakat yang sudah melakukan perekaman telah mencapai 1.311.000 jiwa dari total 1.319.810, dengan masyarakat berusia 17 tahun ke atas.

“Biasanya faktor kesibukan jadi alasan warga belum perekaman KTP-El,” jelas Munir.

Selain itu, di Kota Depok ada 179 Warga Negara Asing (WNA) yang sudah mempunyai KTP, dan 899 WNA memiliki Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT). “WNA Yang belum memiliki KTP 55 orang, dan SKTT 34 orang,” beber Munir.

Munir mengingatkan masyarakat segera melakukan perekaman KTP-El. Sebab dokumen administrasi kependudukan seperti KTP-El harus dimiliki masyarakat Indonesia.

Tanpa adanya kepemilikan dokumen-dokumen ini, maka akan ada kesulitan, nantinya jika masyarakat akan menggunakan berbagai layanan publik seperti kesehatan, perbankan, pendidikan, dan lainnya.

“Warga harus sadar pentingnya kepemilikan KTP-El, jangan sampai sudah berdomisili di suatu daerah tetapi tidak punya KTP-El,” tutup Munir. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

DMC bantu wartawan depok

DMC dan JJI Beri Bantuan Wartawan Depok

SALURKAN : Depok Media Center (DMC) menyalurkan bantuan paket sembako dari Jurnalis Jelajah Indonesia (JJI).

Read More...
pengusaha depok berikan rapid test

Pengusaha Asal Depok Donasikan 5.000 Alat Rapid Test

PEDULI : Pengusaha asal Depok, Diana Dewi, saat mendonasikan 5000 alat rapid test ke Pemkot

Read More...
ilustrasi virus korona size kecil

Tambah 185 Kasus Positif Virus Korona, DKI Tetap Jadi yang Tertinggi

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Berdasarkan data dari Pemerintah, Senin (20/04) pukul 12.00 WIB, ada penambahan 185

Read More...

Mobile Sliding Menu