PEMBINAAN: Giat pengawasan dan pembinaan terhadap Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) melalui Akreditasi, yang berlangsung di Lantai 1 Aula Perpustakaan, Balaikota Depok, Rabu (16/10). FOTO : DINSOS FOR RADAR DEPOK
PEMBINAAN : Giat pengawasan dan pembinaan terhadap Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) melalui Akreditasi, yang berlangsung di Lantai 1 Aula Perpustakaan, Balaikota Depok, Rabu (16/10). FOTO : DINSOS FOR RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sebanyak 50 peserta terdiri dari Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), mengikuti kegiatan pengawasan dan pembinaan terhadap LKSA melalui Akreditasi. Giat tersebut berlangsung di Lantai 1 Aula Perpustakaan, Balaikota Depok, Rabu (16/10).

Selain dari Dinas Sosial, tampak hadir pula nara sumber yang memberikn materi, di antaranya DPAPMK, Dinas Kesehatan, serta Forum Panti.

“Kondisi saat ini LKSA yang sudah terakreditasi baru 21, pada tahun 2018 ada 14 LKSA, dan tahun 2019 ada tujuh LKSA,” ungkap Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Dinas Sosial Kota Depok, Eneng Sugiharti kepada Radar Depok, Kamis (17/10).

Eneng menyebutkan, akreditasi sangat diperlukan guna meningkatkan kualitas dan optimalisasi tupoksi LKSA. Dan bertujuan mendorong LKSA se-Kota Depok, agar segera mempersiapkan pelaksanaan akreditasi.

“Target dan harapan ke depan, semua LKSA yang ada di Kota Depok terakreditasi. Sehingga bisa melayani anak asuh sesuai Standar Nasional Pengasuhan Anak (SNPA),” tutur Eneng.

Diketahui, setiap tahun akreditasi terus dilakukan. Terdapat sejumlah LKSA yang telah terakreditasi. Di antaranya, Panti Asuhan Yatim dan Al Kamilah, panti sosial asuhan Anak Al Amanah, Yayasan Pendidikan Luar Biasa (YPLB) Nusantara, dan panti asuhan Muhammadiyah Darul Ilmi.

“Dengan begitu, LKSA di Kota Depok dapat terus aktif dalam kegiatan kesejahteraan sosial anak yatim piatu di Kota Depok,” tandasnya.

Selain itu, Dinas Sosial berharap, LKSA dan TKSK mempersiapkan diri guna proses akreditasi oleh Kementerian Sosial.  Kemudian sinergitas antara Dinsos dan LKSA harus terus diperkuat, pihaknya ingin seluruh LKSA dapat menerapkan pengasuhan yang sesuai dengan standarnya.

“Akreditasi ini, kami dapat memastikan agar LKSA dapat memberikan pengasuhan yang maksimal kepada anak-anak yatim piatu, sehingga kelak mereka bisa tumbuh menjadi pribadi mandiri,” pungkas Eneng. (rd)

 

Jurnalis : M. Agung HR (IG : @agungimpresi)

Editor : Pebri Mulya