FOTO : Dion Wijaya, Lurah Serua
FOTO : Dion Wijaya, Lurah Serua

 

RADARDEPOK.COM, SERUA – Apabila tidak ada aral melintang, Nopember merupakan awal musim penghujan. Untuk mengantisipasi terjadinya genangan air, Aparatur Kelurahan Serua, Kecamatan Bojongsari, mengajak masyarakat untuk membersihkan saluran air dan kali di wilayah Kelurahan Serua.

Lurah Serua, Dion Wijaya mengatakan, musim panas yang terjadi saat ini dapat dimanfaatkan masyarakat untuk memaksimalkan melakukan pembersihan, untuk menghindari terjadinya genangan air. Pembersihan tersebut dapat dilaksanakan masyarakat bersama pengurus lingkungan dengan melaksanakan kerja bakti.

“Salah satu yang harus dibersihkan yakni saluran air maupun kali,” ujar Dion kepada Radar Depok, kemarin.

Dion mengungkapkan, genangan air umumnya berasal dari saluran air yang tersumbat akibat sampah maupun sedimen lumpur yang berada didalam saluran. Untuk itu, kepedulian masyarakat sangat diperlukan untuk membersihkan saluran air terbebas dari sampah, sehingga apabila memasuki musim penghujan saluran air dapat berjalan dengan lancar.

Dion menuturkan, Kelurahan Serua kerap melaksanakan kerja bakti dengan membersihkan lingkungan sekitar kantor. Hal itu sebagai gerakan ajakan kepada masyarakat untuk melaksanakan kegiatan kebersihan, baik di sekitar rumah maupun lingkungan tempat tinggal masyarakat.

“Apabila lingkungan bersih dan terbebas sampah saat memasuki musim penghujan tidak ada lagi genangan air,” tutup Dion. (rd)

 

Jurnalis : Dicky Agung Prihanto (IG: @iky_slank)

Editor : Pebri Mulya