MEMBINA : Petugas BNN Depok sedang memberikan bimbingan kepada anggota tim pegiat anti narkoba Kelurahan Pancoranmas. FOTO : INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK
MEMBINA : Petugas BNN Depok sedang memberikan bimbingan kepada anggota tim pegiat anti narkoba Kelurahan Pancoranmas. FOTO : INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Depok meningkatkan upaya pemberantasan narkoba di wilayah. Upaya tersebut dibuktikan dengan membentuk tim pegiat anti narkoba di Kelurahan/Kecamatan Pancoranmas (Panmas).

Penyuluh BNN Kota Depok, Anna Mari Susanti mengatakan, tim pegiat anti-narkoba di Kelurahan Pancoranmas merupakan wujud pelaksanaan program Kelurahan Bersih dari Narkoba (Bersinar), yang dicanangkan oleh BNN pusat. Tujuannya, meningkatkan peran serta masyarakat dalam melaksanakan program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

“Diharapkan kegiatan ini dapat memotivasi mereka, sehingga lebih aktif lagi di lingkungannya untuk melakukan program P4GN,” tutur Anna, Minggu (27/10).

Dia mengungkapkan, tim pegiat anti-narkoba Panmas telah dibentuk sejak Agustus 2019. Anggotanya berjumlah 40 orang, terdiri 20 orang dari kalangan tokoh masyarakat dan 20 orang dari lingkungan Kecamatan Panmas.

“Kita ambil yang bisa mewakili Kelurahan Panmas. Ada aktivis-aktivis dari Panmas, seperti RT, RW, LPM, Pokdar Kamtibmqs, Posyandu, PKK, Posbindu dan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di Kecamatan Pancoranmas,” tambahnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, para pegiat tersebut memiliki beberapa peran, di antaranya yaitu memberikan penyuluhan secara mandiri kepada masyarakat sekitar. Dan menjadi motor penggerak dalam pembentukan lingkungan yang bersih dari narkoba.

“Pegiat harus bisa menjadi teladan di lingkungannya,” tutupnya. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya