KERJA : Para pencari kerja berada di salah satu stan perusahaan yang mengikuti kegiatan UI Career dan Scholarship Expo, di Balairung, Jumat (04/10). FOTO : UI FOR RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Universitas Indonesia (UI) kembali memfasilitasi para pengangguran yang sedang mencari kerja. Melalui UI Career dan Scholarship Expo, mahasiswa lulusan S1 yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang S2, juga dilayani. Kegiatan yang digelar selama tiga hari ini, menyediakan puluhan perusahaan dan enterpreunership, serta belasan lembaga penyalur mahasiswa.

Wakil Rektor UI, Prof Dedi Priadi mengatakan, UI Career dan Scholarship sudah berlangsung sejak 14 tahun lalu. Ini merupakan bukti UI memperhatikan pengembangan lulusannya, yang akan memasuki dunia kerja, maupun melanjutkan studi.

“Sedikitnya ada 68 perusahaan nasional dan luar negeri, 11 lembaga pendonor beasiswa, dan 27 enterpreneurship turut berpartisipasi,” kata Dedi di Balairung Kampus UI kepada Radar Depok, Jumat (04/10).

Dedi mengemukakan, salah satu tantangan dan permasalahan ketenagakerjaan saat ini, adalah sistem perdagangan bebas dalam kerangka MEA. Siapapun boleh bekerja di negara mana saja, untuk antisipasi hal ini UI komitmen meningkatkan daya saing alumninya di tingkat global melalui pengajaran berkualitas, pengembangan sarana prasarana, perluasan kolaborasi, serta riset dan iklim akademik yang dinamis tanpa batas.

“Alhamdulillah lebih dari sembilan ribu pengunjung dari fresh graduate,alumni, mahasiswa tingkat akhir dan masyarakat umum mengunjungi bursa kerja dan beasiswa ini,” ujar Dedi.

Sementara itu, Kepala Humas dan KIP UI, Riffely Dwi Astuti menjelaskan, tidak hanya menyelenggarakan bursa kerja dan beasiswa tapi UI juga rutin menggelar program persiapan kerja, dan pelatihan keterampilan. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat mendekatkan dunia pendidikan dan dunia usaha kepada para masyarakat.

“Kami ingin memfasilitasi para alumni untuk masuk dunia kerja maupun melanjutkan studi, dan memberikan informasi beasiswa yang ditawarkan oleh lembaga donor beasiswa dan institusi pendidikan,” pungkas Rifelly. (rd)

 

Jurnalis  : Nur Aprida Sani (IG : @apridasani)

Editor : Pebri Mulya