PERSIAPAN : Lurah se-Kecamatan Cimanggis bersama stakeholder berfoto usai rapat persiapan MTQ Kota Depok ke-20, di Aula Lantai Dua kantor kecamatan setempat, Kamis (24/10). FOTO : LULU/RADAR DEPOK
PERSIAPAN : Lurah se-Kecamatan Cimanggis bersama stakeholder berfoto usai rapat persiapan MTQ Kota Depok ke-20, di Aula Lantai Dua kantor kecamatan setempat, Kamis (24/10). FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, CIMANGGIS – Sebagai juara bertahan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kota Depok, Kecamatan Cimanggis bertekad mencetak hattrick pada MTQ ke-20 pada 30 Oktober-1 November di Sawangan.

“Sudah dua tahun berturut-turut Cimanggis selalu menjadi juara umum, maka kami optimis Cimanggis dapat mempertahankan predikat juara dengan delegasi yang kami kirim,” ucap Koordinator kegiatan MTQ Kecamatan Cimanggis, Sudarno kepada Radar Depok, Kamis (24/10).

Di MTQ ke-20, pihaknya membawa 42 khafilah terbaik hasil seleksi dan pembinaan intensif dari Seleksi Tilawatil Quran (STQ) mulai dari tingkat kelurahan hingga kecamatan.

“Ini agenda rutin. Tapi, untuk pembinaan bukan hanya menjelang perlombaan ini saja. Jadi secara kesiapan peserta Insya Allah sudah 99 persen,” lanjutnya.

Sudarno mengatakan, tahun ini antusias masyarakat cukup tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah peserta yang ikut seleksi biasanya hanya 30 orang, tetapi di 2019 mencapai 82 orang.

“Dari berbagai cabang perlombaan, hanya satu cabang yang kami tidak ikuti yaitu Tafsir,  karena khalifah yang mumpuni di bidang tafsir usianya melewati ketentuan dari pihak penyelenggara,” tambahnya.

Ia menjelaskan, seluruh khalifah Kecamatan Cimanggisakan mendapatkan uang saku sebagai penyemangat untuk peserta, baik yang meraih prestasi maupun tidak.

Sedangkan, Sudarno menambahkan, pada penampilan pawai ta’aruf, pihaknya menyiapkan marawis dari Kelurahan Cisalak Pasar, Hadroh dari Kelurahan Mekarsari dan Pasir Gunung Selatan, palang pintu dari Kelurahan Curug, Kelurahan Harjamukti akan menampilkan arak pengantin.

“Kami juga akan menampilkan UMKM unggulan dari tiap kelurahan dan mobil hias dari Ikatan Guru Raudatul Athfal (IGRA) dengan tema sesuai dengan program Walikota Depok, yaitu Magrib Mengaji,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah (IG : @lutviatulfauziah)

Editor : Pebri Mulya