BERAKTIFITAS : Pedagang masih beraktifitas di kawasan Pasar Kemiri Muka, Kecamatan Beji, Minggu (27/10). FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
BERAKTIFITAS : Pedagang masih beraktifitas di kawasan Pasar Kemiri Muka, Kecamatan Beji, Minggu (27/10). FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Keinginan PT Pertamburan Jaya Raya (PJR) segera mengeksekusi Pasar Kemirimuka, tidak semudah membalikan telapak tangan. Kemarin, Kelompok Pedagang Pasar Kemiri Muka Depok (KPPKMD) tetap keukeuh tolak eksekusi. Apalagi, sengketa pasar masih terus berjalan.

Ketua Kelompok Pedagang Pasar Kemiri Muka Depok (KPPKMD), Eko Doso membantah, terdapat pedagang yang mendukung eksekusi. Jika memang ada pedagang yang mendukung eksekusi, kata dia, sebaiknya berhenti berdagang di Pasar Kemirimuka.

Menurutnya, tindakan tersebut tidak menunjukkan keinginan pedagang, agar bisa berdagang lebih nyaman dengan tetap dikelola Pemkot Depok. Sementara terkait gugatan PT Petamburan Jaya Raya, pedagang mengaku santai alias santuy. “Kami atas nama pedagang masih satu suara menolak eksekusi Pasar Kemirimuka,” tegas Eko.

Pedagang juga telah membuat posko yang didirikan di dalam Pasar Kemirimuka. “Ini bentuk solidaritas kami para pedagang yang masih bersatu menentang pembacaan eksekusi lahan dari PN Depok,” tambahnya.

Kuasa hukum pedagang Pasar Kemirimuka, Leo Prihardiansya menuturkan, santai menghadapi sidang gugatan dari PT PJR. Menurutnya, saat ini proses sidang masih dalam pemanggilan para pihak. “Baru dalam tahap pemanggilan para pihak, belum ke pokok permasalahannya,” tegas Leo.

Terpisah, mantan Anggota DPD RI Dapil Jawa Barat, Ayi Hambali mengaku, konsisten mengawal sengketa Pasar Kemirimuka. “Kami konsisten membela Kota Depok, warga dan pedagang. Pasar Induk harus tetap dikelola Pemkot,” kata Ayi kepada Radar Depok, Minggu (27/10).

Ayi menyebut, sejauh ini belum menerima laporan terbaru dari masalah Pasar Kemirimuka. Kendati demikian, dia akan berkoordinasi dengan Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia, Sofyan Djalil. “Kebetulan menterinya masih tetap Pak Sofyan Djalil, yang sudah paham dengan Pasar Kemirimuka,” tegas Ayi Hambali.

Sementara, pantauan Radar Depok di lokasi pedagang di Pasar Kemirimuka masih tetap bertahan. Sempat beredar kabar ada sebagian pedagang yang mendukung eksekusi Pasar Kemirimuka. Namun, hal tersebut dibantah pedagang. (rd)

 

Jurnalis : Rubiakto (IG : @rubiakto)

Editor : Pebri Mulya