VISITASI: Dinas Sosial Kota Depok ketika melakukan visitasi ke Karang Taruna Kelurahan Leuwinanggung, Kecamatan Tapos, beberapa waktu lalu. FOTO : DINSOS FOR RADAR DEPOK
VISITASI : Dinas Sosial Kota Depok ketika melakukan visitasi ke Karang Taruna Kelurahan Leuwinanggung, Kecamatan Tapos, beberapa waktu lalu. FOTO : DINSOS FOR RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Guna pemilihan Karang Taruna (Katar) berprestasi tingkat Kota Depok, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok mulai melakukan visitasi atau kunjungan ke setiap Katar yang ada di Kota Depok.

Giat tersebut diawali dengan visitasi ke Katar Leuwinanggung (Tapos), kemudian ke Katar Kelurahan Cilodong (Cilodong), dan Katar Kelurahan Depok (Pancoranmas).

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinsos Kota Depok, Eneng Sugiharti menyatakan, visitasi ke setiap Katar ini untuk menentukan peringkat ke-2 dan ke-3. Sedangkan peringkat ke-1 sudah dipilih, dan dikirim mengikuti lomba Katar berprestasi tingkat Provinsi Jawa Barat.

“Kami memvisitasi dan verifikasi Katar, di antaranya struktur organisasi, program kerja, kemudian profil secara lengkap, termasuk kegiatan yang dilakukan Katar. Baik Usaha Ekonomi Produktif (UEP)-nya maupun kegiatan lainnya,” ungkap Eneng kepada Radar Depok.

Menurut peninjauan Dinsos ternyata Katar itu luar biasa. Eneng menilai, rata-rata anggota Katar itu adalah pemuda, dari usia 13 hingga 45 tahun, mereka sangat aktif di masyarakat. Contohnya di Katar Cilodong, UEP-nya mereka punya usaha ekonomi produktif pengasapan ikan. Kemudian di Leuwinanggung ada rumah telur, dan kerajinan dari daun pisang kering dibuat lukisan.

Sedangkan di Katar kelurahan Depok UEP-nya itu mereka mempunyai usaha jeruk peras madu susu (Jermasu). Ini merupakan hal yang luar biasa mereka mengaktifkan pemuda untuk meningkatkan dan menciptakan lapangan pekerjaan dengan usaha ekonomi produktif.

“Alhamdulillah hasil visitasi itu banyak hal yang bisa diambil pembelajaran oleh Dinas maupun untuk para pemimpin daerah, terutama Depok. Kami berharap ke depan agar pemimpin daerah lebih memperhatikan Katar. Karena mereka langsung bersentuhan dengan masyarakat,” harapnya.

Diketahui, dalam waktu dekat pihaknya akan melaksanakan kegiatan Bulan Bakti Karang Taruna, yang akan digelar pada Selasa (29/10) di Balaikota Depok. (rd)

 

Jurnalis : M. Agung HR (IG : @agungimpresi)

Editor : Pebri Mulya