DARI DEPOK : (kiri ke kanan) Anggota DPRD Dapil Kota Depok – Kota Depok, Imam Budi Hartono, Irfan Suryanagara, dan Hasbullah Rahmad. FOTO : RICKY/RADAR DEPOK
DARI DEPOK : (kiri ke kanan) Anggota DPRD Dapil Kota Depok – Kota Depok, Imam Budi Hartono, Irfan Suryanagara, dan Hasbullah Rahmad. FOTO : RICKY/RADAR DEPOK

 

 

RADARDEPOK.COM, BANDUNG DPRD Jawa Barat (Jabar) meresmikan pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) periode 2019-2024 melalui Rapat Paripurna, di Gedung DPRD Jabar, Selasa (15/10).

Yang membanggakan bagi warga Kota Sejuta Maulid, perwakilan rakyat Kota Depok-Kota Bekasi, Hasbullah Rahmad (Fraksi PAN) dan Imam Budi Hartono (Fraksi PKS) terpilih sebagai ketua AKD. Hasbullah Ketua Badan Kehormatan Dewan, sementara Imam Ketua Komisi IV.

Hasbullah mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada dirinya. Ia berharap dapat berkolaborasi dengan seluruh rekan-rekan dewan di Jabar. Sehingga, dapat menjalankan tupoksinya dengan baik.

“Jabatan ini adalah amanah bagi saya. BKD ini etalasenya DPRD Jabar. Tentu, perlu merumuskan program kerja yang jitu,” ucap Hasbullah kepada Radar Depok.

Ia juga berharap, di era kepemimpinannya, seluruh anggota dewan dapat meningkatkan kehadirannya dalam tiap kegiatan DPRD Jabar, baik rapat komisi, rapat Pansus, terlebih pada Rapat Paripurna.

“Ke depan tentu harus ada hukuman maupun penghargaan bagi dewan yang berpestasi. Dewan harus bisa menjaga marwah lembaga dewan. Maka, prilaku, sikap dan kinerja harus tetap dijaga. Agar dewan makin dipercaya dan dicintai masyarakat,” ujar Bang Has, sapaannya.

Sementara itu, Imam sebagai nahkoda yang membidangi pembangunan (infrastruktur) ini, mengaku siap berkolaborasi dengan beberapa dinas. Antara lain, Dinas Bina Marga, Dinas ESDM, Dinas SDA, Dinas LH, Dinas Perkim, Dinas Perhubungan, dan Bapeda.

“Alhamdulillah, pada periode ini, teman-teman di Komisi IV mempercayakan jabatan ketua kepada saya,” ungkap Imam.

IBH-sapaannya-menambahkan, sejak awal berkiprah di dewan, dirinya selalu membidangi komisi pembangunan. Mulai di DPRD Kota Depok sejak tahun 1999, hingga kini di periode kelima sebagai anggota dewan dari PKS.

Sesuai dengan tupoksi dewan, yakni pengawasan, penganggaran dan legislasi. Ia mengungkapkan, banyaknya program infrastruktur di era Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, memang menjadi tantangan bagi dirinya sebagai Ketua Komisi IV. Terlebih di Depok, terdapat beberapa proyek fisik Jawa Barat, baik yang sedang (dikerjakan) maupun yang akan datang.

Seperti, proyek yang sedang berlangsung Situ Rawa Kalong, dan peningkatan Jalan Kalimulya. Di 2020 proyek, ada fly over Dewi Sartika dan proyek underpass Stasiun Citayam. “Semoga dengan saya jadi ketua Komisi IV bisa dimudahkan anggarannya dan pengerjaannya bisa selesai tepat waktu,” paparnya.

Ditanya wartawan terkait inovasi, IBH berharap dapat membuat Perda terkait infrastruktur dan program hearing public mendengar permasalah infrastruktur yang terangkat di Jabar, seperti masalah pencemaran sungai dan penanganan sampah.

“Ada beberapa target yang mesti dicapai, seperti Bandara BIJB Kertajati harus berkembang pesat lima tahun kedepan, daerah irigasi harus total diperbaiki agar sawah tidak kekeringan dan transportasi kereta yang mati dihidupkan kembali dan double track,” pungkasnya. (rd)

Berikut susunan AKD DPRD Jabar Periode 2019-2024 :

Komisi I

– Ketua : Bedi Budiman

– Wakil Ketua : Sabil Akbar

– Sekretaris : Sadar Muslihat

Komisi II

– Ketua : Rahmat Hidayat Djati

– Wakil Ketua : Heri Ukasah Sulaeman

– Sekretaris : Yunandar R Eka Perwira

Komisi III

– Ketua : Cucu Sugyati

– Wakil Ketua : Sugianto Nangolah

– Sekretaris : Hasim Adnan

Komisi IV

– Ketua : Imam Budi Hartono

– Wakil Ketua : Ali Hasan

– Sekretaris : Buky Wibaya Karya Guna

Komisi V

– Ketua : Dadang Kurniawan

– Wakil Ketua : Abdul Hadi Wijaya

– Sekretaris : M Tandiontong

Badan Pembentukan Perda

Ketua : Achdar Sudrajat

– Wakil Ketua : Kusnadi

Badan Kehormatan

– Ketua : Hasbullah Rahmad

– Wakil Ketua : Mirza Agam Gumay

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah (IG : @iky_slank)

Editor : Pebri Mulya