DIPERBAIKI : Petugas dinas PUPR Kota Depok memperbaiki penutup saluran air di kawasan Jalan Margonda Raya, Senin (14/10). FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
DIPERBAIKI : Petugas dinas PUPR Kota Depok memperbaiki penutup saluran air di kawasan Jalan Margonda Raya, Senin (14/10). FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, memperbaiki penutup saluan air di sepanjang Jalan Margonda. Banyaknya penutup yang hilang, membuat khawatir DPUPR Depok saat pengguna jalan melintasi.

Sekertaris Dinas (Sekdis) PUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty mengatakan, perbaikan penutup saluran tersebut dilakukan untuk mencegah timbulnya korban. Penutup banyak yang hilang akibat dicuri pihak tak bertanggungjawab. Pekerjaan perbaikan penutupan saluran itu ditarget rampung dua minggu ke depan, di sebagian kawasan Jalan Margonda dan Jalan Juanda.

“Sudah dimulai pekerbaikannya dan rencananya akan berlangsung sampai dua minggu ke depan. Kegiatan ini kami lakukan juga karena adanya bekas galian yang tidak ditutup dengan sempurna,” ujar Citra kepada Radar Depok, Senin (14/10).

Dia menjelaskan, beberapa jenis kegiatan yang dilakukan untuk memperbaikai penutup saluran,  seperti menambal coran yang rusak akibat galian pipa, menambal coran trotoar serta memberikan penutup saluran yang sebelumnya hilang dicuri oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Kami ganti penutup saluran dengan cara ditanam di bawah trotoar, agar oknum tidak bisa lagi mengambilnya,” jelasnya.

Untuk lokasi pengerjaan, kata Citra, dilakukan mulai dari lampu merah Ramanda sampai dengan perempatan Juanda. Sedangkan dari perempatan Juanda ke arah Universitas Indonesia (UI) sudah dilakukan perbaikan, beberapa waktu lalu.

“Terkait anggaran, kami memanfaatkan anggaran kecamatan untuk pemeliharaan jalan lingkungan dan saluran air yang telah diberikan Dinas PUPR. Pagu saat itu Rp 1 miliar, tetapi untuk pengerjaan saat ini tidak sampai segitu nilainya,” katanya.

Dia menambahkan, perbaikan tersebut hanya  bersifat sementara dan bertahap. Karena, untuk kegiatan permanen akan dilakukan tahun 2021.

“Nanti 2021 kita lakukan perbaikan keseluruhan untuk Jalan Margonda,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya