MANFAAT: Camat Sukmajaya, Tito Ahmad Riyadi (keenam kiri), Lurah Baktijaya, Pairin (kelima kiri) bersama dengan tokoh masyarakat dalam rangka sosialisasi dan pembentukan kampung KB Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya. FOTO : GHEA PATTIA/RADAR DEPOK
MANFAAT : Camat Sukmajaya, Tito Ahmad Riyadi (keenam kiri), Lurah Baktijaya, Pairin (kelima kiri) bersama dengan tokoh masyarakat dalam rangka sosialisasi dan pembentukan kampung KB Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya. FOTO : GHEA PATTIA/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, SUKMAJAYA – Dua RW di Kelurahan Baktijaya, Sukmajaya, yakni RW20 dan RW21 mendapatkan sentuhan program Kampung KB dari Pemkot Depok melalui Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok.

Belum lama ini, untuk memperkuat program tersebut, DPAPMK Kota Depok menggelar sosialisasi dan pembentukan Kampung KB di Aula Kantor Kelurahan Baktijaya, Sukmajaya yang dihadiri Camat Sukmajaya, Lurah Baktijaya, Koordinator Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Kecamatan Sukmajaya, Bhabinkabtibmas, Bhabinsa, RW, RT dan tokoh masyarakat setempat.

“Sosialisasi Kampung KB ini menerangkan program yang muaranya untuk membangun masyarakat lebih cerdas dan disiplin dalam hal kesehatan, dan ketahanan keluarga. Karena program ini, langsung program dari Bapak Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo,” ucap Camat Sukmajaya Tito Ahmad Riyadi dalam sambutannya.

Sementara, Lurah Baktijaya, Pairin menambahkan, di wilayahnya ada dua RW yang mendapat program Kampung KB, yakni RW20 dan RW21. Sedangkan, sosialisasi kali ini memaparkan materi mengenai Kampung KB dan manfaatnya.

Menurutnya, kedua RW itu padat penduduk, satu RW ada sekitar 10 RT. Sebab, sosialisasi ini dinilai sebagai kegiatan yang penting agar program Kampung KB diimplementasikan dalam kegiatan nyata.

“Peran serta kader Posyandu, TP PKK selaku unjung tombak untuk mensosialisakan program ini, terjun ke masyarakat dengan dibantu pengurus RW dan RT agar mendapatkan hasil yang maksimal, sesuai intruksi Pemerintah, dan juga untuk mensukseskan program Kampung KB,” pungkasnya.

Di kesempatan yang sama, Koordinator Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Kecamatan Sukmajaya, Tuti Sulasmi mengatakan, program Kampung KB merupakan inovasi strategis pemberdayaan masyarakat. Sebab, arah dari programnya yaitu membangun suatu daerah (RW) yang terpadu dengan program Kependudukan, KB, dan Pembangunan Keluarga.

“Termasuk program kesehatan, pendidikan, sosial, atau ekonomi. Dengan demikian, terwujudnya fungsi keluarga yang berketahanan,” tandasnya. (rd)

 

Jurnalis : Ghea Pattia

Editor : Pebri Mulya