SERUKAN : Perwakilan Pemerintah Kota Depok memberikan pelatihan kepada masyarakat di kantor Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari, Selasa (1/10). FOTO : DICKY/RADAR DEPOK
SERUKAN : Perwakilan Pemerintah Kota Depok memberikan pelatihan kepada masyarakat di kantor Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari, Selasa (1/10). FOTO : DICKY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DURENSERIBU – Pemerintah Kota Depok berupaya untuk merubah kebiasaan masyarakat dalam sanitasi. Tidak dapat dipungkiri diwilayah Kota Depok masih ditemukan sanitasi melalui jamban.

Meningat hal tersebut, Pemerintah Kota Depok memberikan pelatihan terkait Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari.

Lurah Duren Seribu, Suhendar mengatakan, berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kota Depok untuk mendorong perubahan pola masyarakat dalam sanitasi menuju sanitasi yang lebih baik. Untuk itu, Pemerintah Kota Depok bersama Kelurahan Duren Seribu memberikan pelatihan kepada masyarakat.

“Kami memberikan pelatihan fasilitator pengkajian partisifatif dan pemicu Pilar Satu STMB,” ujar Suhendar kepada Radar Depok, kemarin.

Suhendar menjelaskan, STBM ditujukan untuk mencapai kondisi sanitasi total melalui pemberdayaan masyarakat guna terjadi perubahan prilaku higienis sanitasi pada masyarakat. Dengan begitu tidak ada lagi masyarakat membuang air besar menggunakan jamban.

Suhendar menuturkan, keterlibatan masyarakat pada program STBM sangat mendukung kesuksesan program tersebut. Nantinya, masyarakat akan mencari permasalahan dalam sanitasi dan dilakukan musyawarah bersama dan melakukan gerakan secara bersama untuk mencapai hasil yang maksimal.

“Jadi pemecahan dari masyarakat dan gerakan dilakukan bersama masyarakat,” tutup Suhendar. (rd)

 

Jurnalis : Dicky Agung Prihanto (IG : @iky_slank)

Editor : Pebri Mulya