PESERTA JKN-KIS: Karyawan Swasta, Yayat (35) mendaftarkan diri dan keluarganya menjadi peserta JKN-KIS. FOTO : ISTIMEWA
PESERTA JKN-KIS : Karyawan Swasta, Yayat (35) mendaftarkan diri dan keluarganya menjadi peserta JKN-KIS. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Mahalnya biaya berobat membuat masyarakat semakin sadar akan pentingnya sebuah jaminan kesehatan untuk melindungi diri dan menjamin pembiayaan pelayanan kesehatan pribadi serta keluarga.

Hal itu pun disadari Yayat (35) sehingga ia mendaftarkan diri dan keluarganya menjadi peserta JKN-KIS. Keputusan Yayat menjadi peserta JKN-KIS pun terbukti sangat tepat. Sejak menjadi peserta JKN-KIS, ia dan keluarganya telah beberapa kali memperoleh manfaat berobat dengan menggunakan JKN-KIS.

Hasilnya, ia dan keluarganya dapat berobat dengan baik di fasilitas kesehatan tanpa harus merogoh kocek yang cukup dalam. Hal itu dikarenakan semua biaya pengobatannya sudah ditanggung oleh BPJS Kesehatan melalui Program JKN-KIS.

“Menjadi peserta JKN-KIS itu sangat bagus. Meski menggunakan skema asuransi tapi bentuknya asuransi sosial. Jadi iurannya sangat terjangkau. Manfaatnya juga sangat besar. Bahkan pengalaman saya berobat dengan menggunakan JKN-KIS, saya tidak pernah sekali pun mengeluarkan biaya saat berobat,” ujar Yayat.

Yayat mengungkapkan bahwa kunci ia berobat dengan baik menggunakan JKN-KIS adalah mengikuti prosedur yang berlaku. Selain itu, sebagai peserta perlu juga untuk memastikan telah membayar iuran secara rutin dan tepat waktu. Sehingga saat berobat kartu JKN-KIS miliknya dipastikan aktif dan dapat digunakan.

Yayat berharap agar Program JKN-KIS dapat terus dikembangkan. Menurutnya Program JKN-KIS merupakan program yang sangat membantu masyarakat. Melalui program tersebut, masyarakat dapat melindungi diri terutama terkait masalah kesehatannya.

“Biaya pengobatan saat ini memang sangat mahal. Tapi dengan adanya JKN-KIS, berobat dengan baik bagi masyarakat miskin bukan hal yang tidak mungkin lagi. Karena iuran JKN-KIS sangat murah dan dapat dijangkau oleh semua masyarakat,” ujar Yayat.

Yayat juga menginginkan agar semua fasilitas kesehatan yang ada, baik puskesmas atau klinik hingga rumah sakit dapat bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam melayani peserta JKN-KIS. Sehingga pelayanan kepada peserta JKN-KIS semakin optimal.

“Ikuti prosedur dan pastikan bayar iuran JKN-KIS secara rutin dan tepat waktu adalah kunci saya dapat berobat dengan baik dan nyaman dengan JKN-KIS tanpa harus mengeluarkan biaya saat berobat,” tandasnya.

Lebih lanjut ia mengajak kepada semua peserta JKN-KIS agar rutin dan tepat waktu membayar iuran, sehingga Program JKN-KIS dapat terus berjalan dengan baik dan memberikan manfaat kepada masyarakat. (rd)

 

Jurnalis : M. Agung HR (IG : @agungimpresi)

Editor : Pebri Mulya