DEPOK 10K : Panitia penyelenggara even 10K saat rapat pembahasan persiapan, di Kantor KONI lantai 2, Jalan Gelatik Raya No1,  Kecamatan Pancoranmas Depok, Jawa Barat. FOTO : ALIFIANISA/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM,  DEPOK – Lari marathon sejauh 10 Kilometer (10K) yang di selenggarakan KONI Kota Depok, ada beberapa perubahan. Even besar Depok yang dihelat 10 November 2019 bertepatan dengan Hari Pahlawan, start berlari di Balaikota Depok.

Ketua Penyelenggara 10K Kota Depok, Hery Suprianto menjelaskan, saat ini peserta yang mendaftarkan diri sebanyak 468 jiwa. Dan dia meyakini even yang diadakan sebulan mendatang bisa mencapai target hingga 10.000 jiwa.

“Saat ini sudah ada sekitar 468 orang hampir 500. Kan evennya masih sebulan lagi. Mudah-mudahan bisa sampai 10.000 warga, yang ikut serta dalam kegiatan 2 tahun sekali ini,” ucap Hery kepada Radar Depok, Jumat (4/9) di Kantor KONI Depok.

Menurutnya, ada penambahan formulasi baru dalam 10K kali ini. Sebelumnya, peserta hanya diberikan BIB (nomor dada) saja. Namun, kali ini peserta akan dipasangkan chip, sebagai sensor menghindari kecurangan yang dilakukan peserta.

“Untuk even saat ini kita telah membekali chip untuk para peserta, tujuannya untuk memantau seberapa jauh peserta berlari. Jadi tidak akan ada yang bisa curang. Karena kan kadang peserta bisa saja memotong jalan,” ujar pria yang juga menjabat Sekretaris Jenderal (Sekjen) KONI Kota Depok ini.

Bukan hanya itu, lanjut Hery, dalam sistem keamanan akan lebih ditingkatkan. Karena di tahun yang sebelumnya dia diprotes salah satu peserta, terkait keamanan yang kurang dan bisa mencelakai peserta lain dengan beberapa alasan.

“Kesulitan yang kita rasakan yaitu ada titik krusial yang menjadi fokus kita saat ini yaitu pada keamanan. Kami ingin bekerja sama dengan Polres, Satpol PP, untuk menghindari jalan yang berbahaya,” bebernya.

Jalur  berbahaya itu, kata Hery saat peserta melalui jalur yang tidak ada pemisah antara jalur lambat dan cepatnya. Sementara, harapan untuk pengusaha yang ada di Depok, Hery meminta agar bisa membantu demi terciptanya rasa kepedulian kepada olahraga.

“Kami juga berharap besar pada pengusaha, untuk bisa membantu demi menciptakan rasa kepedulian pada olahraga. Karena lari merupakan olahraga dari segala olahraga,” tambahnya.

Ketua KONI Kota Depok, Amri Yusra menambahkan, harapan untuk masyarakat Depok dengan adanya 10K, demi mengupayakan untuk menjalin tali silaturhmi masyarakat Depok.

“Harapan saya dari kegiatan ini dengan tujuan untuk menyatukan dan menghidupkan suasana semangat berolahraga, khususnya olahraga lari,” tutup Amri. (rd)

 

Jurnalis : Alifianisa

Editor : Pebri Mulya