KERAJINAN TANGAN : Kader Posyandu Bougenville RW13 Kelurahan Cisalak, Sukmajaya menunjukan Ecobrick hasil karya mereka di aula kantor kelurahan setempat. FOTO : LULU/RADARDEPOK
KERAJINAN TANGAN : Kader Posyandu Bougenville RW13 Kelurahan Cisalak, Sukmajaya menunjukan Ecobrick hasil karya mereka di aula kantor kelurahan setempat. FOTO : LULU/RADARDEPOK

 

Berbekal sampah plastik dan barang-barang bekas, Posyandu Bougenville RW 13, Kelurahan Cisalak, Sukmajaya berkerjasama dengan Pos Paud Bougenville memanfaatkan barang bekas menjadi bernilai ekonomi.

Laporan : Lutviatul Fauziah

 

RADARDEPOK.COM, – Terdapat enam orang wanita mengenakan kerudung berwarna merah serta mengenakan baju batik berwarna putih dan merah. Mereka menunjukan beberapa hasil dari inovasi-inovasi yang telah diciptakan. Diantaranya, ecobrick, fuzzle yang terbuat dari kardus bekas, dan juga permainan labirin untuk mengasah konsentrasi.

Guna menanggulangi volume sampah plastik, tiap seminggu sekali kader posyandu, guru Pos Paud, Karang Taruna serta PIK-R berkumpul untuk melakukan berbagai inovasi-inovasi yang dapat dikonversi jadi rupiah, Salah satunya membuat Ecobrick.

Tahapan membuat Ecobrick, mereka mengumpulkan botol plastik berukuran 1,5 liter kemudian dibersihkan. Selanjutnya, mereka mengumpulkan limbah plastik bersih terkecuali kantong kresek hitam, tak lupa juga kayu untuk memadatkan limbah-limbah plastik dan gunting.

Cara pembuatan nya tak sesulit yang kita bayangkan, yaa..hanya bermodalkan ketelitian saja sebenarnya. Pertama limbah plastik digunting menjadi bagian-bagian kecil, setelah plastik digunting maka langkah selanjutnya yaitu memasukan limbah plastik kedalam botol hingga padat dan tak ada ruang lagi.

Setelah botol dipadati sampah plastik, maka botol dapat di dempetkan dan diikat menggukan lakban untuk membentuk persigi ataupun lingkaran sesuai dengan kebutuuhan, maka jadilah sebuah meja ataupun kursi yang ramah lingkungan.

“Alhamdulillah dari kegiatan ini bisa menghasilkan nilai lebih serta kekompakan antar warga,” ucap Kepala Sekolah Pos Paud Bougenville 13, Nova.

Setelah menjadi meja dan bangku mereka menjual dengan kisaran harga mulai dari Rp125 ribu hingga di atas Rp300 ribu sesuai ukuran yang dipesan. (rd)

 

Editor : Pebri Mulya