KOMPAK : Warga RT08/01 Kelurahan Ratujaya, Cipayung saat melakukan kerja bakti memperbaiki jalan di lingkungannya. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK
KOMPAK : Warga RT08/01 Kelurahan Ratujaya, Cipayung saat melakukan kerja bakti memperbaiki jalan di lingkungannya. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

 

Akses menjadi penunjang yang penting bagi para warga dalam melakukan aktifitas, keguyuban warga RT 08/01 Kelurahan Ratujaya, Cipayung pun menghantarkan mereka untuk melaksanakan kerja bakti memperbaiki infrastruktur di wilayahnya.

Laporan : Arnet Kelmanutu

 

RADARDEPOK.COM, – Bercakan semen bercampur tanah terlihat tak masalah di kaki kaum adam yang mayoritas warga RT08/01 Kelurahan Ratujaya yang diketuai Riyanto. Riyanto sendiri baru terpilih sebagai ketua lingkungan beberapa waktu lalu.

Sambil mengenakan kaos oblong warna putih, ia mengatakan, warga berinisiatif untuk memperbaiki infrastruktur di lingkungannya, bermodalkan keguyuban dan semangat, sisa semen dari salah satu warganya, ditambah urunan untuk membeli pasir, mereka pun lantas kerja bakti meningkatkan kualitas jalan di wilayahnya.

Ia membeberkan, panjang dari jalan yang diperbaiki sekitar 20 meter dengan lebar empat meter ini murni swadaya dan inisiatif warganya. Sambil menyeruput segelas kopi hitam yang juga disediakan kaum hawa di sekitar lokasi, Riyanto mengungkapkan, peningkatan jalan tersebut menghabiskan empat sak semen dan dua kol pasir.

“Semua dan kita kumpulin secara swadaya atau ngecrek dari warga. kalau yang kurang kita musyawarahin sama warga untuk pake uang kas,” tuturnya.

Ketika ditanya soal nilai yang habis digunakan, pria dengan perawakan cukup gempal ini enggan menyebutkan. Sebab, tujuan utama dalam perbaikan jalan ini untuk mengantisipasi musim hujan yang semakin dekat. Sebab, jalanan kerap becek dan menyusahkan warga yang ingin mengakses jalan tersebut,

“Makanya sebelum musim hujan, warga pada inisiatif perbaiki. Insyallah sisanya akan kita lanjutin, biar warga nyaman tinggal di sini,” tukasnya. (rd)

 

Jurnalis : Arnet Kelmanutu (IG: @kelmanutuarnet)

Editor : Pebri Mulya