LITERASI : Siswa SMPN 3 Depok sedang mengikuti kegiatan Readaton dalam rangka Bulan Bahasa di Hari Sumpah Pemuda, Senin (28/10). FOTO : PEBRI/RADAR DEPOK
LITERASI : Siswa SMPN 3 Depok sedang mengikuti kegiatan Readaton dalam rangka Bulan Bahasa di Hari Sumpah Pemuda, Senin (28/10). FOTO : PEBRI/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, SUKMAJAYA – Merayakan Hari Sumpah Pemuda, SMPN 3 Depok mengadakan berbagai macam kegiatan, Senin (28/10). Salah satunya adalah pembacaan isi Sumpah Pemuda yang dikeluarkan pada 28 Oktober 1928 silam.

Kepala SMPN 3 Depok, Erna Iriani mengatakan, pihaknya sengaja mengadakan sebuah kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Sumpah Pemuda. Tentunya dengan harapan, jiwa nasionalisme siswa semakin kuat dengan mengingat sejarah-sejarah Indonesia.

“Siswa pada saat upacara bendera, mereka mengucapkan isi dari sumpah pemuda, dengan siswa yang berbaris sambil mengenakan berbagai macam pakaian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia,” ucapnya kepada Radar Depok.

Erna menuturkan, jiwa nasionalisme yang dibangun salah satunya adalah tentang keberagaman di Indonesia. Karena itu, adalah sebuah kekayaan budaya yang tidak dimiliki negara lain.

“Kami mengajak siswa dan guru mengenakan baju daerah, tetapi tidak diwajibkan dan tidak ditentukan juga baju seperti apa yang harus mereka kenakan,” terangnya.

 

TURUT SERTA : Guru-guru juga ikut serta dalam kegiatan Readaton dalam rangka Bulan Bahasa di Hari Sumpah Pemuda, Senin (28/10). FOTO : PEBRI/RADAR DEPOK

 

Selain itu, perayaan Hari Sumpah Pemuda di SMPN 3 Depok juga disatukan dengan Program Bulan Bahasa. Dimana siswa usai kegiatan upacara menyampaikan resume dari buku yang mereka baca, tetapi hanya yang terbaik yang diberikan kesempatan.

Lalu ada pemberian hadiah kepada pemenang lomba di Bulan Bahasa, yakni ada lomba spellingbee, storytelling, menulis essay, menulis puisi, dan membuat pantun. Semuanya dibagi menjadi tiga bahasa, yakni Bahasa Sunda, Indonesia, dan Inggris.

“Setelah itu, diadakan kegiatan readaton yang diikuti siswa dan guru di halaman sekolah,” terangnya. (rd)

 

Editor/Jurnalis : Pebri Mulya