Pemerintah Harus Bantu Dede

In Metropolis
FUN RUNNING : Dede (kaos hijau, red) pelari asal Indonesia yang sakit di Malaysia sebelum malaksanakan perlombaan. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Peristiwa yang menimpa Dede Saifulloh, pemerintah dinilai harus tanggung jawab. Kendati kejadiannya di Malaysia, pemerintah Dede merupakan warga Indonesia yang membutuhkan pertolongan di luar negeri.

Ketua KONI Kota Depok, Amri Yusra menjelaskan, even maraton semakin marak. Namun demikian, menurutnya saat ini lari, khususnya maraton tidak terikat dengan KONI. Berbeda dengan perlombaan PON, Sea games, dan olimpiade, yang mewadahi olahraga yang dipertandingkan.

Tumbuh dari komunitas, fun running terus berkembang, evennya pun semakin bermunculan. Biasanya mereka juga saling tukar info antara pelari. Karena bersifat umum, jadi setiap pelari bisa mendaftarkan diri. “Ini kan sifatnya umum, dan pribadi, siapapun yang mau ikut silahkan, tanpa perlu sepengetahuan dari KONI,” kata Amri kepada Radar Depok, Kami (17/10).

Sehingga, lanut Amri, akomodasi dan perlengkapan yang dibutuhkan menjadi tanggung jawab pribadi. Adanya, kecelakaan yang menimpa pelari Dede Saifulloh, perlu diketahui, korban berangkat dengan siapa. “Jika dia sama klub, menjadi tanggung jawab klub, selain itu penyelenggara juga bertanggung jawab,” terang Amri.

Tapi sebelumnya, dicari tahu dulu, perlombaan yang diikuti menyediakan asuransi atau tidak. Karena setiap even maraton memiliki aturan yang berbeda. Namun, pada kasus Dede, Amri menyatakan bahwa pemerintah harus bertanggung jawab. Karena bagaimanapun Dede warga Indonesia yang membutuhkan pertolongan di luar negeri.

“Sebaiknya pemerintah bertanggung jawab, karena Dede berangkat secara resmi, dan sudah menjadi haknya agar dilindungi pemerintah,” tandas Amri. (rd)

 

Jurnalis : Rubiakto (IG : @rubiakto)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

AGPAII Kota depok berbagi

AGPAII Kota Depok Bagi-bagi Sembako

BERBAGI : AGPAII Kota Depok membagikan paket sembako sebagai bentuk solidaritas dan kepedulian guru PAI

Read More...
robot dari gunadarma untuk korona

Gunadarma Ciptakan Robovent untuk Pasien Korona

SIMULASI : Yohanes Kurnia, pengajar Robotika Universitas Gunadarma sedang mensimulasikan Robovent di depan wartawan. FOTO

Read More...
gunadarma untuk perangi korona

Sumbangsih Gunadarma untuk Negeri Lawan Pandemi Covid-19

SIMULASI : Pihak Gunadarma sedang menunjukan purwarupa alat bantu pernapasan untuk membantu penanganan pasien Covid-19.

Read More...

Mobile Sliding Menu