RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kendati Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat belum memiliki data jumlah masjid, musala, dan rumah ibadah yang tak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Pemerintah Kota Depok memberikan pelayanan khusus bagi masjid, musala, dan rumah ibadah. Pemkot menggratiskan retsribusi pembuatan IMB.

“Untuk jumlahnya kami belum tahu (yang belum ber-IMB), kami hanya mengurus perizinan saja. Meski begitu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) membebaskan retribusi mengurus IMB atau nol persen,” kata Kasi Data DPMPTSP Kota Depok, Syahrul kepada Radar Depok, Kamis (3/10).

Dia mengatakan, pembangunan gedung yang ada di Depok ini wajib memiliki IMB. Meski begitu bangunan masjid dan rumah ibadah lainya juga harus memiliki IMB.

“Buat IMB masjid dan rumah ibadah sudah berjalan sejak 2018 lalu. Mengratiskan retribusi IMB untuk tempat ibadah, seperti masjid, musala, gereja, pura, vihara dan tempat ibadah agama lainnya yang diakui negara,” terangnya.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Kota Depok, Yulistiani Mochtar mengatakan, digratiskannya pengurusan IMB tempat ibadah karena bagian dari fungsi sosial. “Tempat ibadah juga harus memiliki IMB karena untuk mempermudah penataan bangunan dan juga untuk dokumen legalitas yang memiliki kekuatan hukum,” terangnya. (rd)

 

Jurnalis : Rubiakto (IG : @rubiakto)

Editor : Pebri Mulya