BERSIHKAN LINGKUNGAN : Warga Kampung Kebayunan, RW016, Kelurahan Tapos sedang melakukan kegiatan kerja bakti bulanan. FOTO : INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK
BERSIHKAN LINGKUNGAN : Warga Kampung Kebayunan, RW016, Kelurahan Tapos sedang melakukan kegiatan kerja bakti bulanan. FOTO : INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

 

Puluhan warga RW16, Kelurahan/ Kecamatan Tapos, laksanakan kegiatan kerja bakti bersama. Hal itu rutin dilakukan setiap bulan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan di sana.

LAPORAN : INDRA SIREGAR RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – Hamparan landang yang ditumbuhi ilalang tinggi di lingkungan Kampung Kebayunan, RT001/016, Kelurahan Tapos, tampak kaum bapak lingkungan setempat bahu-membahu membersihkan lokasi tersebut. Mereka melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan dengan menggunakan beberapa peralatan kebersihan seperti sapu, pengki, cangkul, hingga celurit dan parang.

Setiap pria memiliki tugas masing-masing. Ada yang membabat ilalang,  menyapu ilalang yang tertebas dan ada yang bertugas mengumpulkan sampah-sampah di sekitar lokasi dengan gerobak sampah.

Ketua RW16 Kelurahan Tapos, Rohim mengatakan, pihaknya sedang melaksanakan kegiatan rutin membersihkan lingkungan. Menurut Rohim, mereka biasanya melakukan kegiatan bersih-bersih setiap satu bulan sekali.

“Biasanya di lakukan setiap hari Minggu, karena hari libur,” katanya.

Ia mengungkapkan, kegiatan kerja bakti tersebut dilakukan utamanya untuk menjaga kebersihan lingkungan agar tetap asri dan sehat bagi warganya. Namun, kali ini pihaknya jug melakukan kerja bakti untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran dikarenakan kemarau yang berkepanjangan mengakibatkan rumput dan ilalang menjadi kering sehingga mudah terbakar.

“Kami bersihkan daun yang kering agar tidak menimbulkan potensi kebakaran,” bebernya.

Pada kesempatan tersebut dia juga mengapresiasi seluruh warganya yang sudah berkontribusi. Sehingga, kegiatan kerja bakti tersebut bisa dilakukan di linkgunganya. Sebab, jika warga tidak mempunyai kesadaran akan kebersihan lingkungannya, kegiatan kerja bakti tersebut belum tentu bisa terlaksana.

“Saya jug berterimakasih untuk kepedulian dan partisipasi dari warga saya yang sudah menyumbangkan tenaganya untuk mengikuti kerja bakti ini. Semoga semangat  warga terus meningkat guna terciptanya lingkungan Kampung Kebayunan RW16, Kelurahan Tapos yang bersih dan sehat,” pungkasnya. (*)

 

Editor : Pebri Mulya