KOMITMEN : Guru dan siswa SMPN 22 Depok mendeklarasikan Pembiasaan Hidup Sehat, yakni dengan membawa wadah makananĀ  dan minuman sendiri dari rumah, Kamis (03/10). FOTO : PEBRI/RADAR DEPOK
KOMITMEN : Guru dan siswa SMPN 22 Depok mendeklarasikan Pembiasaan Hidup Sehat, yakni dengan membawa wadah makananĀ  dan minuman sendiri dari rumah, Kamis (03/10). FOTO : PEBRI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, SUKMAJAYA – Sebuah aksi peduli lingkungan digerakan SMPN 22 Depok. Dimana, SMPN yang berlokasi di Jalan Kresna, Kecamatan Sukmajaya mendeklarasikan Pembiasan Hidup Sehat. Dimana, komitmen tersebut diikuti oleh guru, siswa, warga sekolah yang termasuk satpam dan juga pedagang kantin.

Kepala SMPN 22 Depok, Afrida mengatakan, isi dalam deklarasi tersebut, yakni ‘Kami warga SMPN 22 Depok siap melaksanakan hidup sehat dengan membawa wadah dan atau makanan serta minuman dari rumah untuk mengurangi sampah di lingkungan sekolah’

“Sebenarnya kami sudah terapkan siswa membawa wadah untuk makan dan minum, tetapi masih tidak semua siswa menerapkannya. Jadi, dengan deklarasi ini, mengajak semua siswa untuk menerapkan hal tersebut,” ucapnya kepada Radar Depok, Kamis (03/10).

Afrida menjelaskan, di SMPN 22 Depok jumlah siswanya sekarang ini mencapai 780 siswa, tentunya dengan jumlah siswa tersebut ditambah pula dengan guru dan warga sekolah lainnya, tentu produksi menghasilkan sampahnya sangat banyak. Oleh karena itu, dibutuhkan gerakan atau gebrakan untuk mengurangi volume sampah di sekolah.

“Tidak hanya siswa dan guru saja, tetapi seluruh warga sekolah harus memiliki satu visi dan misi tentang lingkungan. Oleh karena itu, mereka dilibatkan dalam deklarasi Pembiasan Hidup Sehat,” katanya.

Afrida menuturkan, tidak hanya deklarasi saja, tetapi nantinya akan ada evaluasi tiap pekan. Jadi, terpantau sejauh mana volume sampah di sekolah berkurang. Jika, tidak ada perubahan tentunya diperlukan pemantapan lagi, tetapi jika ada pengurangan, maka akan terus dilakukan sampai benar-benar minim hasil sampahnya.

“Kedepannya juga akan ada deklarasi anti narkoba di sekolah, dengan melibatkan BNN Kota Depok,” tuturnya. (rd)

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya