BANYAK STOK : Pupuk buatan UPS Limo siap didistribusikan ke petani. FOTO : SANI/RADARDEPOK
BANYAK STOK : Pupuk buatan UPS Limo siap didistribusikan ke petani. FOTO : SANI/RADARDEPOK

 

RADARDEPOK.COM, LIMO – Koordinator Unit Pengolahan Sampah (UPS) Kelurahan Limo, Casmin HS mengaku, siap memenuhi kebutuhan pupuk organik bagi para petani, dan pedagang tanaman hias di wilayah Kecamatan Limo dan sekitarnya.

” Setiap hari kami menerima sampah dari warga di Kampung Sasak RW7 Kelurahan Limo, dan setelah dipilah, sampah organik kami bikin pupuk dan sampah non organik kami pilah lagi untuk bisa dijual, ” ujar Casmin kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Meskipun setiap hari pupuk organik hasil olahan UPS Limo dibagikan kepada warga sekitar, namun lanjut dia pihaknya tidak pernah kehabisan stok pupuk organik. Ini lantaran banyaknya sampah organik dan sudah diolah dan menumpuk di dalam UPS.

” Setiap hari banyak warga yang datang membawa sampah dan menukarnya dengan pupuk organik yang sudah kami oleh si UPS tapi karena hasil olahan sangat banyak maka sebagian pupuk terpaksa kami tumpuk didalam UPS, ” terangnya.

Dia menambahkan, saat ini pihaknya sedang berupaya melakukan penjajakan kerjasama dengan para pedagang tanaman hias agar dapat menggunakan pupuk organik hasil produksi UPS Limo.

” Kami sudah jajaki penawaran dengan sejumlah pedagang, dan mereka sudah mulai mau membeli pupuk organik dari kami, ” tukas Casmin.

Selain pupuk organik padat, Casmin juga mengaku mampu membuat pupuk organik cair yang dapat menyuburkan tanaman.

” Kami sudah coba untuk menyuburkan tanaman dan pupuk untuk buah, ” tegas Casmin.

Dia juga mengatakan, dalam proses pemilahan dan pembuatan pupuk organik, pihaknya bekerjasama dengan Bank Sampah B24HABS yang sangat konsen dengan penanganan kebersihan lingkungan.

” Kami sangat terbantu dengan kehadiran Bank Sampah B24HABS selalu mensupport kegiatan pelestarian lingkungan hidup termasuk dalam gerakan pemilahan sampah dimasyarakat sebaga salah satu upaya meningkatkan kebersihan lingkungan,” tutup Casmin. (rd)

 

Jurnalis : Nur Aprida Sani (IG: @apridasani)

Editor : Pebri Mulya