SIAGAKAN : UPT Puskesmas Kecamatan Sawangan di Jalan Raya Muchtar, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Senin (28/10). FOTO : DICKY/RADARDEPOK
SIAGAKAN : UPT Puskesmas Kecamatan Sawangan di Jalan Raya Muchtar, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Senin (28/10). FOTO : DICKY/RADARDEPOK

 

RADARDEPOK.COM, SAWANGAN – Unit Pelayanan Teknis (UPT) Puskesmas Kecamatan Sawangan, berencana akan membuka posko kesehatan. Posko tersebut akan disiagakan untuk mendukung pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XX tingkat Kota Depok, dalam bidang kesehatan.

Kepala UPT Puskesmas Sawangan, Winarni Naweng Triwulandari mengatakan, Puskesmas Sawangan mendukung penuh kegiatan MTQ tingkat Kota Depok di wilayah Kecamatan Sawangan. Untuk menunjang kesehatan, Kecamatan Sawangan akan membangun posko kesehatan selama pelaksanaan MTQ.

“Posko kesehatan akan siaga selama tiga hari selama MTQ,” ujar Naweng.

Naweng menjelaskan, pembuatan posko merupakan tindak lanjut dari Dinas Kesehatan Kota Depok. Selain UPT Puskesmas Sawangan, UPT Puskesmas Bojongsari akan ikut membantu selama kegiatan berlangsung. Rencananya, Posko kesehatan akan ditempatkan di dekat mimbar utama atau di lapangan perumahan Sawangan Permai.

Selain itu, lanjut Naweng Puskesmas Sawangan akan berkeliling ke 13 titik yang menjadi tempat penginapan kafilah. Terkait penguatan, UPT Puskesmas Sawangan menyiagakan dokter, perawat, dan ambulans. Apabila terjadinya gangguan kesehatan, pihaknya akan melakukan penanganan. Namun, apabila membutuhkan rujukan, Puskesmas Sawangan akan merujuk ke RSUD Kota Depok.

“Kami akan menerapkan PHBS di tempat penginapan kafilah,” tutup Naweng. (rd)

 

Jurnalis : Dicky Agung Prihanto (IG : @iky_slank)

Editor : Pebri Mulya