AJAKAN : Surat edaran Walikota Depok untuk pelaksanaan Salat Istisqa. FOTO : ISTIMEWA
AJAKAN : Surat edaran Walikota Depok untuk pelaksanaan Salat Istisqa. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim kemarau dengan kekeringan ekstrem, masih akan terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia hingga November 2019.

“Musim hujan tahun ini (diprediksi) mundur sehingga musim kemarau menjadi lebih panjang,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.

Menurutya, jika dilihat berdasarkan jangka waktu, maka musim kemarau tahun ini menduduki posisi kedua setelah kekeringan yang terjadi 2015.

“Musim kemarau 2015 merupakan yang paling lama dan tahun ini nomor dua,” ujarnya.

Terkait dengan hal itu, BMKG berharap semua pihak untuk melakukan antisipasi guna mengurangi dampak musim kemarau yang berkepanjangan.

Walikota Depok Mohammad Idris mengajak masyarakat melakukan salat Istisqa. Dalam surat edaran bernomr 451/528 – Kesos, Idris mengajak seluruh elemen di Depok untuk melakukan salat Istisqa guna memohon perlindungan dan kebaikan sang khalik agar kekeringan ini cepat berakhir.

“Melihat cuaca saat ini yang masih kemarau dan dalam rangka implementasi visi Kota Depok yang unggul dan nyaman religius. Masyarakatak diajak untuk salat istisqa,” kata Idris.

Surat edaran tersebut ditujukan kepada Forkopimda Kota Depok, Kepala PD Kota Depok, seluruh ASN Kota Depok, serta masyarakat.

“Salat akan dilaksanakan pada Selasa (29/10), pukul 07:00, di Lapangan Balaikota Depok,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya