DIRESMIKAN : Walikota Depok, Mohammad Idris didampingi Aparatur pemeritahan se Kecamatan Tapos sedang melakukan prosesi gunting pita dalam rangka meresmikan Kampung KB di RW11, Kelurahan Leuwinanggung. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK
DIRESMIKAN : Walikota Depok, Mohammad Idris didampingi Aparatur pemeritahan se Kecamatan Tapos sedang melakukan prosesi gunting pita dalam rangka meresmikan Kampung KB di RW11, Kelurahan Leuwinanggung. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, LEUWINANGGUNG – Kelurahan Leuwinanggung, Kecamatan Tapos meresmikan Kampung KB di RW11 Kelurahan, Leuwinanggung, pada Kamis, (3/10). Pada acara tersebut, Walikota Depok Mohammad Idris turut hadir untuk melakukan prosesi gunting pita tanda diresmikannya Kampung KB RW11, Kelurahan Leuwinanggung.

“Inti dari Kampung KB ini bagaimana kita mempunyai ketahanan keluarga dengan melaksanakan fungsi-fungsi keluarga, agar seluruh anggota keluarga bisa mendapatkan hak dan kewajibannya,” tutur Wali Kota Depok, Mohammad Idris usai meresmikan Kampung KB di RW11, Kelurahan Leuwinanngung, Kecamatan Tapos, Kamis (3/10).

Idris menjelaskan, dalam Kampung KB terdapat delapan fungsi dalam keluarga. Antara lain fungsi agama, sosial budaya, cinta dan kasih sayang, perlindungan, reproduksi, pendidikan, ekonomi, serta pelestarian lingkungan.

“Jadi, Kampung KB bukan hanya berkaitan dengan pengendalian jumlah penduduk. Tetapi, pembentukan kampung ini guna menjalankan fungsi-fungsi keluarga demi meningkatkan ketahanan keluarga,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan jumlah Kampung KB setiap tahun. Rencananya, di tahun 2020 akan ditambah sebanyak 63 titik.

“Saat ini kita sudah punya 63 Kampung KB. Insya Allah, tahun depan akan kita tambah 63 lagi. Tentunya ini juga membutuhkan partisispasi dari seluruh pihak. Mulai dari camat, lurah, LPM, ketua RT/RW, hingga tokoh masyarakat.” Tuturnya.

Sementara itu, Camat Tapos, Dadi Rusmiadi mengatakan, saat ini di Kecamatan Tapos seluruh kelurahan sudah memiliki Kampung KB.

“ Dari tujuh kelurahan di Kecamatan Tapos semua sudah ada Kampung KB. Bahkan di Kelurahan Jatijajar sudah ada dua Kampung KB,” bebernya.

Sementara, Lurah Leuwinanggung, Sanan Hidayat mengungkapkan, RW11 dipilih sebagai lokasi Kampung KB karena berada di perbatasan Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Bogor. Maka dari itu, dia ingin RW11 menjadi etalase Kelurahan Leuwinanggung sehingga dapat bersaing dengan wilayah – wilyah tetangga.

“ Kampung KB di RW11 ini merupakan yang pertama di Kelurahan Leuwinanggung. Tahun depan rencananya akan kami bentuk kembali di RW05,” tutur Sanan, sapaanya.

Ia menambahkan, tahun depan di RW11 Kelurahan Leuwinanggung juga akan diadakan program P2WKSS. Dia berharap program tersebut akan meningkatkan kemajuan di wilayahnya baik dalam segi pembangunan fisik maupun non fisik.

“Insya Allah tahun depan akan ada program P2WKSS di RW11,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya