KHAS INDONESIA : Guru dan siswa mencicipi dan menanyakan hal-hal tentang wisata kuliner yang disajikan siswa dalam rangka merayakan Hari Sumpah Pemuda, Senin (28/10). FOTO : PEBRI/RADAR DEPOK
KHAS INDONESIA : Guru dan siswa mencicipi dan menanyakan hal-hal tentang wisata kuliner yang disajikan siswa dalam rangka merayakan Hari Sumpah Pemuda, Senin (28/10). FOTO : PEBRI/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Momen Hari Sumpah Pemuda, SMPIT dan SMAIT Misbahussudur diadakan kegiatan pengenalan khas daerah di Indonesia, Senin (28/10). Itu semua dimaksudkan untuk meningkatkan jiwa nasionalisme dalam tubuh siswa.

Kepala SMPIT dan SMAIT Misbahussudur, Ahmad Adi Siswanto mengatakan, kegiatan pertama diadakan upacara bendera di halaman sekolah. Semua siswa dan guru turut serta, mereka mengenakan baju daerah, sedangkan yang jadi petugas upacara tetap mengenakan seragam sekolah.

“Ini adalah kegiatan perdana di SMPIT dan SMAIT Misbahussudur di momen Hari Sumpah Pemuda,” ucapnya kepada Radar Depok.

Adi menjelaskan, setelah upacara siswa tidak meninggalkan halaman sekolah, karena dilanjutkan dengan kegiatan memainkan permainan tradisional. Semua itu bagian dari peningkatan rasa kecintaan terhadap Indonesia, terutama dengan hal-hal yang menjadi ciri khas Indonesia.

“Intinya adalah memberikan segala kegiatan yang berkaitan dengan hal-hal yang menjadi ciri khas Indonesia,” jelasnya.

Kegiatan berlanjut dengan wisata kuliner. Ada tiga daerah yang dibahas dan disajikan dalam sesi kegiatan kali ini, yakni ada Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Jawa Tengah. Jadi, itu adalah kolaborasi dari seluruh siswa SMPIT dan SMAIT Misbahussudur untuk menyajikan wisata kuliner dari ketiga daerah tersebut.

Setiap siswa melakukan kunjungan ke ruangan yang menyajikan menu khas dari daerah tersebut. Setiap siswa bisa bertanya tentang hal-hal seputar wisata kuliner dari daerah yang diusung kelas tersebut.

“Kami mengambil daerah yang terdekat terlebih dahulu, agar siswa bisa merealisasikan wisata kulinernya. Semoga kegiatan ini bisa meningkatkan rasa kecintaan siswa terhadap Indonesia,” terangnya. (rd)

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya