Wow, Sehari Polres Depok Keluarkan 819 Surat Tilang

In Metropolis
DITERTIBKAN : Anggota Satlantas Polresta Depok sedang melakukan pemeriksaan kepada pengendara motor, di Jalan Margonda Raya dalam giat Operasi Zebra Jaya. FOTO : INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Hari pertama gelaran Operasi Zebra Jaya, Rabu (23/10) di Kota Depok, ratusan pengendara yang tidak memiliki kelengkapan surat kendaraan kena tilang.

Operasi ini dimulai 23 Oktober hingga 5 November 2019. Kasat Lantas Polresta Depok, Kompol Sutomo menegaskan, dalam operasi ini sebanyak 158 personel diturunkan guna menertibkan para pengendara.

Giat ini lanjut Sutomo, guna meningkatkan kepatuhan dan kedisiplinan para pengendara bermotor, baik roda dua maupun roda empat atau lebih dalam berlalu lintas.

“Ada 12 target operasi dalam Operazi Zebra Jaya. Namun, yang menjadi prioritas adalah pengendara yang tidak memiliki SIM dan STNK serta melawan arus,” kata Sutomo kepada Radar Depok, Rabu (23/10).

Dia menyebutkan, 12 target pelanggaran dalam Operasi Zebra 2019 di antaranya, pengendara kendaraan bermotor yang tidak memiliki SIM, kendaraan roda dua atau roda empat yang tak dilengkapi STNK, pengendara melawan arus, tidak menggunakan helm SNI, mengemudikan kendaraan tidak menggunakan sabuk keselamatan.

Kemudian, menggunakan ponsel saat mengemudi, pengendara di bawah umur atau pengendara tidak memiliki SIM, berkendara berbonceng tiga, kendaraan roda empat atau lebih tidak memenuhi persyaratan layak jalan, kendaraan roda dua dan empat tidak dilengkapi perlengkapan standar, berkendara di bawah pengaruh alkohol, serta kendaraan yang memasang rotator atau sirine bukan peruntukannya.

“Operasi ini dilakukan di setiap Polsek yang ada di bawah Polresta Depok, serta Satlantas Polresta Depok,” ungkapnya.

Sementara itu, Kanit Turjawali Satlantas Polresta Depok, Iptu Fitri mengungkapkan, hari pertama operasi Zebra di Jalan Margonda Raya berlangsung lancar.

Total ada 819 surat tilang yang dikeluarkan dari operasi pagi hingga sore hari. “Kami mengamankan barang bukti SIM sebanyak 613, STNK 197, dan kendaraan roda dua tujuh unit,” bebernya.

Dia berpesan agar seluruh pengguna jalan baik roda dua maupun empat selalu menaati peraturan lalu lintas dan melengkapi alat keselamatan berkendara guna mencegah terjadinya kecelakaan dalam berlalulintas.

“Jadilah pelopor keselamatan berkendara,” harap Iptu Fitri. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

PN pedagang pasar kemirimuka

Banyak Bansos, Bikin Harga Sembako di Pasar Turun di Depok

MELAYANI PEMBELI : Pedagang ikan melayani pembeli saat berada di Pasar Kemirimuka, Kecamatan Beji. FOTO

Read More...
XL untuk pembelajaran

Belajar Online Tambah Seru? #KenapaNggak

  RADARDEPOK.COM - Masa pandemi membuat kita beradaptasi dengan banyak hal baru. Selain kita harus selalu menggunakan masker, mencuci tangan

Read More...

Cinta Tanah Air Sebagian dari Iman

  Oleh: K.H. A. Mahfudz Anwar Ketua MUI Kota Depok   KETIKA anda bilang cinta, maka pasti ada konsekwensinya. Karena setiap ucapan yang

Read More...

Mobile Sliding Menu