Beranda Pendidikan Agenda Wajib SMP-SMK Mutiara : Sabtu Belajar di Luar Kelas, Siswa Minta Nambah

Agenda Wajib SMP-SMK Mutiara : Sabtu Belajar di Luar Kelas, Siswa Minta Nambah

0
Agenda Wajib SMP-SMK Mutiara : Sabtu Belajar di Luar Kelas, Siswa Minta Nambah
MENGAJAR : Siswa SMP Mutiara di Jalan Banjaran Pucung, RT5/5, Kelurahan Cilangkap, Tapos sedang KBM diluar kelas. FOTO : CHRISTINE/RADAR DEPOK
Program SMP SMK Mutiara
MENGAJAR : Siswa SMP Mutiara di Jalan Banjaran Pucung, RT5/5, Kelurahan Cilangkap, Tapos sedang KBM diluar kelas. FOTO : CHRISTINE/RADAR DEPOK

 

Tidak ingin melulu di dalam kelas dalam memberikan materi pembelajaran. Guru di SMP-SMK Mutiara memberlakukan  Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di luar kelas. Kegiatan tersebut menjadi agenda wajib di Jalan Banjaran Pucung, RT5/5, Kelurahan Cilangkap, Tapos tiap Sabtu.

Laporan : Christine Natalia Hermawan

RADARDEPOK.COM – KBM dimulai pukul 06:30 WIB. Semua siswa berkumpul di halaman sekolah lalu duduk beralas terpal. Kemudian kegiatan dibuka dengan doa, dan dilanjutkan kegiatan belajar mengajar sesuai mata pelajaran yang diberikan, Sabtu (23/11).

Wakil Kepala SMP Mutiara, Herman mengatakan, KBM diluar kelas dilakukan, agar siswa tidak merasa bosan dengan pelajaran yang selama ini di dalam kelas.

“Kegiatan belajar mengajar di luar kelas, namanya kegiatan Literasi. Ini salah satu bentuk implementasi pembelajaran kreatif ,” kata pria berumur 36 itu.

Kegiatan tersebut juga, dianggap membantu siswa dalam peningkatan minat terhadap belajar. Terbukti, banyaknya siswa yang meminta tambahaan hari dengan kegiatan yang sama.

“Banyak siswa yang meminta agar kegiatan seperti ini, tidak hanya dilakukan di satu hari saja. Kami masih Tapi kami masih kaji ulang,” tutur Herman yang juga Staf harian di SMK Mutiara.

Kepala SMK Mutiara, Adi Gusnadi menambahkan, kegiatan tersebut sudah  berlangsung di awal 2019. Dan diakuinya, kegiatan belajar sambil bermain atau berbentuk diluar ruangan membuat anak menjadi semangat belajar.

“Saat kami mengadakan kegiatan ini, kami melihat respon siswa. Ketika siswa belajar di luar kelas, mereka lebih semangat  belajar. Saya pun Senang,” tutur Adi.

Guru berharap, kata dia, kegiatan tersebut bisa membuat siswa konsen belajar dan saling membaur satu sama lain. “Banyak siswa yang ingin metode ini ditambah harinya. Tapi kami ingin mengakahi dahulu,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah (IG : @lutviatulfauziah)

Editor : Pebri Mulya