Awasi Lahan Galian di KSU

In Metropolis
DISEGEL : Tampak terlihat lahan pengerukan tanah ilegal yang sudah disegel oleh pemerintah Kota Depok di kawasan Jalan KSU Raya, Kecamatan Sukmajaya, Rabu (6/11). FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Lahan bekas galian tanah di Jalan Raya KSU, Kelurahan Tirtajaya, Kecamatan Sukmajaya yang diduga dijual ke lokasi lain, dibiarkan begitu saja. Tak ada jaminan oknum penggali bakal balik lagi atau tidak, tapi kawasan itu sudah disegel.

Lurah Tirtajaya, Muhammad Imron mengatakan, pihaknya tidak mau ambil resiko dan tetap akan melarang dump truk masuk ke kawasan tersebut sebelum mereka benar-benar memegang surat izin.

“Kami harap aparat mau sama-sama menjaga galian tanah tersebut. Bukan tidak mungkin mereka kembali, meski tidak memiliki izin,” kata M Imron kepada Radar Depok.

Kepala Bidang Ketentraman Masyarakat dan Ketertiban Umum Satpol PP Depok, M. Fahmi mengatakan, penindakan dilakukan sesuai aturan yang berlaku berdasarkan instruksi pimpinan. Dasarnya adalah, aktivitas penambangan itu belum mengantongi izin, alias ilegal.

“Sesuai arahan pimpinan kami melaksanakan penghentian aktivitas galian tanah yang mana sampai saat ini pengelolanya belum bisa menunjukan surat izinnya,” kata Fahmi.

Lebih lanjut Fahmi menjelaskan, penindakan tegas terpaksa dilakukan pihaknya karena sebelumnya telah melayangkan surat penghentian. Namun, hal itu tak digubris oleh para penambang liar tersebut.

“Ini aktivitas tidak memiliki izin (ilegal), tanggal 25 Oktober kemarin kami sudah layangkan surat penghentian, namun kami dapat laporan dan hasil monitor kami rupanya kegiatan ini masih berlangsung. Jadi keputusannya semua kegiatan kami stop hingga pengelola bisa menunjukan surat izinnya,” Kata Fahmi.

Memasuki musim hujan sisa galian dikeluhkan warga yang mellintas di Jalan Raya KSU. Pasalnya tanah merah yang berada di kawasan tersebut turun ke jalan. “Tanahnya turun ke jalan kalau hujan, sangat bahaya, karena jalan jadi licin,” kata warga Sukmajaya, Sutrisno. (rd)

Jurnalis : Rubiakto (IG : @rubiakto)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

warga depok terkena virus

Data IDI : Di Indonesia 1.000 Orang Meninggal Terkait Korona

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Data pasien positif Korona yang meninggal antara yang diumumkan Pemerintah berbeda dengan

Read More...
ilustrasi virus korona size kecil

Minggu (19/04) Tambah 327 Positif Korona, Berikut Penyebarannya

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Pemerintah mengumumkan penambahan kasus positif virus Corona di wilayah Indonesia. Per Minggu

Read More...
sembako murah kelurahan curug

RW1, Curug Gelar Sembako Murah

BANTU : Ketua RW1, H. Muhammad Maulana memberikan sembako murah kepada masyarakat terdampak ekonomi akibat

Read More...

Mobile Sliding Menu