Beranda Politika Bawaslu Depok Gathering Bareng Media

Bawaslu Depok Gathering Bareng Media

0
Bawaslu Depok Gathering Bareng Media
SILATURAHMI : Suasana saat pembukaan Media Gathering Bawaslu Kota Depok di Sasono Mulyo, Jalan Raya Kalimulya, Kelurahan Jatimulya, Cilodong, Jumat (29/11). FOTO : RICKY/RADAR DEPOK
bawasli media gathering
SILATURAHMI : Suasana saat pembukaan Media Gathering Bawaslu Kota Depok di Sasono Mulyo, Jalan Raya Kalimulya, Kelurahan Jatimulya, Cilodong, Jumat (29/11). FOTO : RICKY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sebagai pilar demokrasi keempat, media merupakan bagian penting dalam pelaksanaan pesta demokrasi. Karenannya,  menghadapi Pilkada Depok 2020, Bawaslu Kota Depok mengadakan gathering bareng media, di Sasono Mulyo, Jalan Raya Kalimulya, Kelurahan Jatimulya, Cilodong selama dua hari dari 29-30 November.

Ketua Bawaslu Kota Depok, Luli Barlini mengatakan, pihaknya memandang penting peran media, sehingga perlu menjalin sinergitas, baik untuk informasi tahapan Pilkada hingga pengawasan yang efektif di lingkungan.

“Media memiliki jangkauan lini massa yang luas. Sehingga, dalam kegiatan sosialisasi sangat penting keberadannya. Demikian juga dalam hal pengawasan, media dapat memberikan informasi terkait temuan di lapangan, melalui pemberitaan,” kata Luli kepada Radar Depok, Jumat (29/11).

Sehingga, sambung Luli, pihaknya merasa perlu untuk meningkatkan sinergitas dan menjalin kemitraan strategis serta menyamakan persepsi dengan awak media, yang ditandai dengan gathering media bersama Bawaslu Kota Depok ini.

“Dari Gathering ini, kami juga menyampaikan beberapa agenda terkait kepemiluan dan tahapan Pilkada,” paparnya.

Sementara, Koordinator Divisi (Kordiv) Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Kota Depok, Andriansyah menambahkan, adapun beberapa agenda di gathering tersebut, yakni di awali dengan register peserta, kemudian diskusi panel terkait Evaluasi Pelaksanaan Pemilu 2019 dari Tim Asisten Humas Bawaslu RI dan juga Komisioner Bawaslu Kota Depok.

Selanjutnya, ada forum diskusi bertemakan ‘Sinergitas Pengawas Pemilu dengan Media Massa dan Menyongsong Pengawasan Pilkada 2020, dengan narasumber Ketua Bawaslu Jabar, Abdullah Dahlan dan Komisioner Bawaslu Kota Depok.

“Dalam hal ini, saya sebagai Kordiv Hukum, Data dan Informasi, serta Bang Dede Selamet Permana sebagai Kordiv Pengawasan, Hubungan Masyarakat (Humas) dan Hubungan antar Lembaga (Hubal) Bawaslu Kota Depok,” kata Andriansyah.

Ia mengungkapkan, agenda masih berlanjut hingga besoknya, karena pagi harinya, panitia telah merancang kegiatan ice breaking dan fun games. Setelah itu, baru acara penutupan.

“Intinya kami ingin menjalin kemitraan yang baik dengan media. Sehingga menjadi media darling dan tujuan kami di Bawaslu dapat tercapai,” pungkasnya.

Di kesempatan yang sama, Kordiv Pengawasan, Hubungan Masyarakat (Humas) dan Hubungan antar Lembaga (Hubal) Bawaslu Kota Depok, Dede Selamet Permana berharap, kegiatan media gathering ini mampu menjaga sinergitas antara Bawaslu dengan media tetap terjalin dan saling mendukung.

“Kami memahami dan menyadari banyak hal yang bisa kami lakukan, tapi tanpa adanya suport dari media, maka yang Bawaslu lakukan akan dianggap angin lewat karena tidak tersampaikan ke publik secara luas,” ujarnya.

Untuk itu, sambung Dede, Bawaslu akan terus merangkul kawan-kawan media dalam hal pemberitaan. Sehingga, tujuan dari Bawaslu untuk menciptakan Pemilu yang Bersih dan Berintegritas dapat tercapai di Pilkada Depok 2020 mendatang.

“Kita harus sama-sama mengawal perjalanan demokrasi di Indonensia,” ucap Dede. (rd)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya