Depok Benahi Transportasi Umum

In Metropolis
UPAYA MENEKAN KEMACETAN : Angkutan umum saat melintas di kawasan Jalan Margonda Raya, kemarin. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok telah membahas bus Jabodetabek Residence (JR) Conection yang diharapkan bisa mengurangi penggunaan kendaraan pribadi untuk mengurangi volume kendaraan. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kemacetan di Kota Depok setiap tahunnya kian parah. Hal itu disebabkan berbagai faktor, di antaranya jumlah kendaraan pribadi roda empat maupun roda dua terus bertambah, hingga kurang mampunya ruas jalan di Depok menampung volume kendaraan.

Guna memecahkan persoalan tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Dadang Wihana mengaku, mulai fokus menyediakan transportasi umum, terutama di Jalan Raya Margonda. Dengan dibenahinya transportasi umum, diharapkan dapat mengurani kendaraan pribadi.

“Kami siapkan juga infrastruktur pendukung lainnya, agar bisa mengurangi kepadatan arus lalu lintas di Margonda,” ungkap Dadang kepada Radar Depok.

Saat ini, Dishub sedang membahas program bus Jabodetabek Residence (JR) Conection. Yakni angkutan permukiman sampai ke tujuan. Selain itu, Dishub akan mengaktifkan kembali jalur bus, dan membenahi kenyamanan angkutan kota dengan menambahkan AC.

“Ini semua kami lakukan untuk keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam menggunakan transportasi umum,” ujarnya.

Mengenai adanya wacana jalan berbayar elektrinik atau electronic road pricing (ERP) yang akan diterapkan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) di Jalan Margonda mulai 2020, Dadang kembali menegaskan bahwa hal tersebut belum ada dalam pembahasan.”Dalam setiap kebijakan semua elemen (stakeholder) harus diikutsertakan. Keputusan tersebut menyangkut hajat hidup banyak orang,” ujarnya.

Ia meminta penerapan ERP di Jalan Margonda Raya pada 2020 tidak dijadikan polemik. Pasalnya Pemkot Depok tengah fokus pada pembenahan transportasi umum dan infrastruktur pendukungnya. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

PSHT bantu tenaga medis

PSHT Depok Berbagi Jamu dengan Tenaga Medis

PEDULI : Keluarga Besar PSHT barikan bantuan kepada tim medis di RS Brimob, Sabtu (18/04).

Read More...
BLT di negeri jepang

Di Jepang, Tiap Warga Dapat Rp14,5 Juta Hadapi Korona

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM - Pemerintah Jepang tengah serius untuk mengentaskan penyebaran virus Korona. negara dibawah kepemimpinan Perdana

Read More...
APD kreasi dari UI

UI Kembangkan APD Respirator

DIKEMBANGKAN : Tim ahli dan peneliti Universitas Indonesia mengembangkan prototype Alat Pelindung Diri (APD), dalam

Read More...

Mobile Sliding Menu