PEMANGKASAN POHON : Petugas Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok melakukan pemangkasan pohon di kawasan Jalan Raya Tanah Baru. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
PEMANGKASAN POHON : Petugas Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok melakukan pemangkasan pohon di kawasan Jalan Raya Tanah Baru. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sejumlah pohon bertumbangan di beberapa wilayah Kota  Depok, saat terjadi hujan disertai angin kencang beberapa waktu lalu. Terparah, di Jalan Raya Bogor, depan Rumah Sakit Sentra Medika, Cisalak, Sukmajaya, sebuah mobil taxi ringsek akibat tertimpah pohon besar. Tak ingin hal tersebut terjadi, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersiha (DLHK) Kota Depok, terus berupaya melakukan pencegahan.

Kepala Bidang (Kabid) Tata Lingkungan dan Konservasi DLHK Kota Depok, Ety Yuniarti mengatakan, pihaknya rutin metoping atau pemangkasan dahan pohon besar di Depok. Tak hanya itu, DLHK juga menginventarisir pohon yang sudah lapuk untuk dipangkas atau bahkan ditebang.

“Kita coba inventarisir pohon yang memang sudah tidak bisa dipertahankan lagi untuk dipangkas,” katanya kepada Radar Depok, Minggu (11/10).

Dia mengungkapkan, DLHK juga mempersiapkan personel atau Satuan Tugas (Satgas) Pohon, untuk memantau pohon rindang atau berdahan rapuh di sejumlah lokasi.

“Kalau hari biasa kami siagakan dua regu Satgas yang terdiri dari 10 orang. Namun, untuk beberapa hari ini, kami tambah lagi dua regu. Jadi total ada 20 personel dan siaga selama 24 jam,” ujarnya.

Dia menambahkan, saat ini ada beberapa wilayah yang menjadi sorotan, karena di sana terdapat pohon yang sudah tua. Misalnya saja di Jalan Raya Bogor. “Di jalan Raya Bogor tapi pohonnya masih bagu –bagus dan kuat,” bebernya.

Ketika disinggung mengenai pohon tumbang di Rumah Sakit Sentra Medika Cisalak yang menimpah sebuah taksi. Dia menganggap hal itu terjadi lantaran kurangnya perhatian dari pihak rumah sakit terhadap pohon tersebut.

“Sepertiya pohon tumbang di sana karena kondisinya sudah tidak sehat ya, keropos. Cuma memang tidak terkontrol sama yang punya wilayah. Sebab pohon yang berada di dalam rumah sakit bukan tanggungjawab kami,” jelasnya.

Terakhir, dia juga meminta masyarakat untuk tanggap dan melaporkan jika ada potensi pohon tumbang. Mengingat hujan lebat dan angin masih mengintai beberapa wilayah, tidak terkecuali Kota Depok. Laporan bisa ditujukan kepada Emergency Call 112, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), Markas Pohon di Posko Bibit Jalan Bahagia Raya Sukmajaya maupun ke kantor DLHK langsung di Jalan Raya Bogor.

“Kami juga kerja sama dengan Dinas Damkar Kota Depok di lapangan, untuk memudahkan evakuasi pohon,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya