Ecovillage, PKK Pondok Jaya Belajar ke Bogor

In Satelit Depok
SERAP ILMU : Koordinator Ecovilage Kelurahan Pondok Jaya, Joko saat memberikan kiat-kiat dalam menciptakan saluran menjadi kolam ikan di Desa Bendungan, Kecamatan Ciawi, Bogor. FOTO : ARNET/RADARDEPOK

 

RADARDEPOK.COM, CIPAYUNG – Rangkaian program Ecovillage di Kelurahan Pondok Jaya, Cipayung,  Kader PKK diajak berkunjung ke Desa Bendungan, Kecamatan Ciawi, Bogor untuk mengadopsi saluran air yang disulap sebagai kolam ikan yang asri.

Koordinator Ecovillage Pondok Jaya, Joko menjelaskan, setelah diberikan pemahaman akan berbagai aspek yang terkandung dalamnya, seperti Ekologi, Sosial, Spiritual, dan Ekonomi, kini mereka melihat dan merasakan langsung hasil dari kegiatan Ecovillage.

“Desa bendungan setahun sebelumnya juga kita terapkan pemahaman soal Ecovillage, tahun ini alhamdulilah hasilnya terlihat, jadi masyarakat lain bisa berkunjung untuk bertukar ide,” jelas Joko saat dikonfirmasi Radar Depok, Minggu (10/11).

Joko memaparkan, saluran yang diadopsi sebelumnya juga kondisinya kurng baik, sampah dan air keruh menghiasi saluran ini. Namun secara perlahan pemikiran warga akan lingkungan berubah total

“Sekarang mereka sudah mampu merawat lingkungan lebih hebat dari saya. Mereka mampu menghidupkan lingkungan, begitu pun sebaliknya,” paparnya.

Dalam aspek Ekonomi, kata Joko pembudidayaan ikan maupun ternak sudah diberikan kepada kader, hanya saja belum melihat secara langsung. Nantinya satu persatu akan berkunjung ke tempat yang sudah lebih dulu memulai.

“Insyallah setelah ini usai, kader PKK mampu menularkan ilmu yang didapat kepada warga sekitar, agar peningkatan kualitas keluarga juga meningkat,” imbuhnya.

Sementara, Sekretaris Lurah Pondok Jaya, Asep Mustopa menuturkan, setelah melihat dan bertukar pikiran, ada beberapa hal yang akan diterapkan secara bertahap. Sebab, bukan perkara mudah mengubah salur air menjadi seperti di Desa Bendungan tersebut.

“Langkah awal akan kita mainkan tanaman dan pot untuk menghijaukan lingkungan kantor kelurahan, nah untuk saluran, pasti akan bahas bersama. tentunya akan menggandeng beberapa pihak,” jelas Asep.

Asep juga menukung penuh berjalan rentetan Ecovillage untuk warga Pondok Jaya, sebab Ecovillage yaitu, desa yang dimana masyarakatnya mampu mengelola lingkungan sesuai dengan berkelanjutan meliputi konservasi, pemanfaatan dan pemulihan lingkungan.

“Itu sebagai bentuk interaksi manusia terhadap lingkungan dalam mencapai kehidupan yang asri dan lestari,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Arnet Kelmanutu (IG : @kelmanutuarnet)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

pengusaha depok berikan rapid test

Pengusaha Asal Depok Donasikan 5.000 Alat Rapid Test

PEDULI : Pengusaha asal Depok, Diana Dewi, saat mendonasikan 5000 alat rapid test ke Pemkot

Read More...
ilustrasi virus korona size kecil

Tambah 185 Kasus Positif Virus Korona, DKI Tetap Jadi yang Tertinggi

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Berdasarkan data dari Pemerintah, Senin (20/04) pukul 12.00 WIB, ada penambahan 185

Read More...
PGRI Tapos berbagi APD

PGRI Tapos Berikan 50 APD ke Puskesmas

KESELAMATAN : PGRI Kecamatan Tapos memberikan 50 paket Alat Pelindung Diri (APD) ke Puskesmas Kecamatan

Read More...

Mobile Sliding Menu