Beranda Ruang Publik FMIPA UI BERSAMA PETUGAS DASAWISMA KELURAHAN KALIBARU LAKUKAN PEMETAAN PARTISIPATIF DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI SIG

FMIPA UI BERSAMA PETUGAS DASAWISMA KELURAHAN KALIBARU LAKUKAN PEMETAAN PARTISIPATIF DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI SIG

0
FMIPA UI BERSAMA PETUGAS DASAWISMA KELURAHAN KALIBARU LAKUKAN PEMETAAN PARTISIPATIF DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI SIG

Tim Pengabdian Masyarakat Ipteks FMIPA UI yang diketuai oleh Dr. Rokhmatuloh, M.Eng kemarin (29/10) menggelar sosialisasi hasil pemetaan partisipatif yang telah dilakukan sejak bulan Agustus bersama petugas dasawisma Kelurahan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara.

Acara sosialisasi dihadiri oleh 45 petugas dasawisma dan dibuka langsung oleh Lurah Kalibaru, Suyono. Dalam sambutannya Suyono menyatakan bahwa selama ini proses pendataan sudah rutin dilakukan oleh petugas dasawisma, hanya saja bentuk datanya masih berupa isian tabel. Dengan adanya kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat disinergikan dengan proses pendataan yang telah ada sehingga hasilnya lebih akurat dan strategis karena langsung dapat ditampilkan secara spasial.

Pada bulan Juni dan Agustus, para petugas dasawisma telah mendapat pelatihan dari tim pengabdi FMIPA UI mengenai pemetaan partisipatif memanfaatkan teknologi Sistem Informasi Geografis (SIG) dan Penginderaan Jauh (PJ). Ardiansyah, selaku anggota tim pengabdi mengajarkan cara mendata kondisi warga di tiap hunian data melalui formulir online dan menampilkan dalam peta. Dengan metode ini maka akan terkumpul data dalam waktu cepat dan akurat berdasarkan posisi koordinatnya.

Selama bulan Agustus hingga Oktober, para petugas dasawisma secara mandiri diberikan kesempatan untuk menginput data di wilayah masing-masing. “Hasilnya sangat mengejutkan”, ujar Ratri yang juga anggota  tim pengabdi “ternyata setelah kita ajarkan dan diberi waktu untuk praktek, terdapat penambahan data spasial yang cukup signifikan, tidak kurang dari 90 titik informasi tematik mengenai kondisi hunian berhasilkan dipetakan oleh petugas dasawisma”.

Oleh karena itu sebagai apresiasi atas antusias para petugas dasawisma, pada hari ini dilakukan kegiatan sosialisasi hasil pemetaan partisipatif. Peta tematik yang dihasilkan dari proses pemetaan oleh petugas dasawisma dipaparkan dalam kegiatan ini. Peta yang telah berhasil dibuat oleh petugas dasawisma diantara adalah peta batas RT, peta jumlah hunian, jumlah populasi, jumlah balita, jumlah lansia dan jumlah ibu hamil.

Rokhmatuloh berharap agar proses pemetaan partisipatif dapat terus dilakukan oleh petugas dasawisma sehingga dari informasi yang terkumpul akan sangat bermanfaat untuk mendukung kebijakan di tingkat kelurahan.