Fraksi Gerindra Diminta Awasi Anggaran BPJS

In Politika
Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna.

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK Kenaikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sudah disiasati betul oleh Pemkot Depok. Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna mengatakan, pemerintah sudah menganggarkan sekitar Rp58 miliar.

Jumlah tersebut, kata dia, untuk alokasi 257.811 jiwa Penerima Bantuan Iuran (PBI). Sudah diajukan ke DPRD Kota Depok lewat pembacaan Nota Keuangan.

“Saya mengharapkan usulan (anggaran yang diajukan) dapat diterima,” ungkap Pradi kepada Radar Depok, Kamis (7/11).

Sebab itu, Ketua DPC Partai Gerindra Kota Depok ini berharap, khususnya kepada Fraksi Gerindra DPRD Kota Depok, untuk bisa mengawal anggaran tersebut. “Supaya muaranya untuk hak masyarakat yang membutuhkan juga,” tambahnya.

Dirinya menjelaskan, memang tidak semua warga Depok akan ditanggung oleh Pemerintah. Sebab, ada pula yang membayar iuran secara pribadi.

“Tentu kami utamakan masyarakat yang kurang mampu,” tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Enny Ekasari mengungkapkan, selain dari APBD murni. Pembayaran iuran BPJS Kesehatan untuk peserta PBI APBD sebagian berasal dari pendapatan pajak rokok di Kota Depok. Ketentuan ini tertuang dalam Perpres No. 82/2018 tentang Jaminan Kesehatan.

“Pajak rokok itu nilainya 10 persen dari cukai. Dari nilai pajak rokok bisa digunakan untuk kepentingan BPJS Kesehatan sebesar 75 persen dari 50 persen pajak rokok,” terangnya.

Selain dari pajak rokok dan APBD, pembayaran iuran peserta PBI APBD juga datang dari Bantuan Gubernur (Bangub) Provinsi Jawa Barat sebesar Rp39 Miliar untuk Rencana APBD 2020 mendatang.

“Jadi di Rencana kerja dan anggaran (RKA) 2020 kami sudah siapkan sekitar Rp109 miliar termasuk RAPBD dan BanGub, kalau benar adanya kenaikan premi BPJS Kesehatan,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Junior Williandro

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

walikota depok bermasker putih

Mohammad Idris Ajukan Cuti Mulai 26 September

Mohammad Idris   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Mohammad Idris yang kini menjadi Walikota Depok, akan bertarung pada Pemilihan

Read More...
PN pedagang pasar kemirimuka

Banyak Bansos, Bikin Harga Sembako di Pasar Turun di Depok

MELAYANI PEMBELI : Pedagang ikan melayani pembeli saat berada di Pasar Kemirimuka, Kecamatan Beji. FOTO

Read More...
XL untuk pembelajaran

Belajar Online Tambah Seru? #KenapaNggak

  RADARDEPOK.COM - Masa pandemi membuat kita beradaptasi dengan banyak hal baru. Selain kita harus selalu menggunakan masker, mencuci tangan

Read More...

Mobile Sliding Menu